Beranda MOTORSPORTS Yamaha Rebut Kembali Brno dari Honda

Yamaha Rebut Kembali Brno dari Honda

(Foto: motogp.com)

BRNO, 16 Agustus 2015 – Selama 4 tahun terakhir rider Honda selalu memenangkan Bwin Grand Prix Republik Ceko. Tapi tahun ini Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) mengakhiri beruntunan itu.

Sejak diperkenalkannya kelas empat-stroke di MotoGP pada tahun 2002, Honda mengklaim enam kemenangan di sirkuit Brno sedangkan Yamaha lima kali. Bahkan, empat tahun terakhir Honda selalu mendominasi dengan merebut empat kemenangan berturut-turut. Namun mulai dari pole posisi berkat catatan rekor lap baru Jorge Lorenzo, Yamaha terlihat siap kembali menuju puncak untuk pertama kalinya sejak 2010 dan mengakhiri rekor Honda.

Karakter Brno sangat mirip dengan Mugello, sirkuit dimana awal tahun ini Lorenzo mencatat kemenangan dominan. Ia juga cukup sukses di Brno, hanya gagal podium lima kali dalam 13 kunjungan, dan hanya sekali dalam lima tahun terakhir.

Pada 2012, Lorenzo adalah hanya beberapa meter dari kemenangan sebelum kalah dari Dani Pedrosa (Repsol Honda Team) di tikungan akhir. Tahun ini Lorenzo sepertinya tidak akan bersaing dengan Pedrosa. Pembalap Honda itu menjalani perawatan kaki dan hanya start di posisi 9.

Di luar Pedrosa, Lorenzo masih memiliki lawan Marc Marquez (Repsol Honda Team) dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP). Trio ini memulai lomba Minggu (16/8) bersama-sama di barisan depan. Di Indianapolis GP lalu, Marquez dan Lorenzo bersaing ketat. Kali ini, persaingan keduanya dipastikan akan tetap panas.

Jangan lupakan Valentine Rossi. Pembalap Italia itu starting di barisan depan untuk kedua kalinya musim ini. Meskipun sering berada di luar tiga besar saat start, pimpinan klasemen sementara ini sanggup beberapa kali finish di podium. Hanya 0.364 detik lebih lambat dari posisi pertama, bukan tak mungkin ‘The Doctor’ membuat kejutan atas Marquez dan Lorenzo hari ini.

Berikut hasil lengkap kualifikasi GP Ceko

RAJU FEBRIAN

Berita Terkait:
MotoGP: Pecahkan Rekor Lap, Lorenzo Sikat Pole Position