Beranda NEW BIKES Yamaha MT-10 2020, Makin Sangar Dengan Warna Baru

Yamaha MT-10 2020, Makin Sangar Dengan Warna Baru

TOKYO, Motovaganza.com – Penggemar Yamaha MT-10 kini punya pilihan warna. Yamaha Jepang merilis warna baru bagi MT-10 versi 2020. Moge naked bermesin 1.000 cc itu sekarang punya kelir baru yang diberi nama Deep Purplish Blue Metallic.

Menggabungkan tiga warna sekaligus dengan dominasi biru yang dipadukan dengan silver dan hitam, untuk mempertegas kesan sangarnya.

Opsi baru ini membuat tampilan MT-10 lebih segar lewat kombinasi tiga warna. Bandingkan dengan pilihan dari Yamaha yang sebelumnya, Ice Fluo dan Matte Raven Black. Wajahnya tampak lebih segar dengan melaburkan warna pokok (biru) area tangki bensin dan bibir pelek.

Sementara kelir silver dituangkan pada beberapa bagian. Mulai dari area bawah headlamp, sepatbor, area shroud hingga sedikit sisi bodi belakang. Kemudian cat gelap mendominasi di beberapa bagian. Sederhana tanpa mengurangi kesan bengis.

Mesin Tetap

Karena hanya berupa penyegaran, spesifikasi mesin dan fitur tidak ada ubahan. Model ini mengandalkan mesin 998 cc, DOHC berpendingin cairan, inline 4-silinder; 16-katup. Ia memiliki teknologi Crossplane Crankshaft yang sama dengan superbike YZF-R1. Menawarkan traksi maksimum dan disetel khusus untuk rider yang membutuhkan motor jalanan berkinerja tinggi. Perbedaannya dengan R1 terdapat di desain intake, muffler exhaust dan sistem pembakaran plus juga optimalisasi Crank.

Jantung pacunya mampu menyemburkan tenaga super, 160 Hp di putaran 11.500 rpm dan torsi puncak 111 Nm pada putaran 9.000 rpm. Power yang begitu besar disalurkan melalui sistem transmisi Constant Mesh 6 percepatan. Menggunakan rasio kompresi 12:1 dengan ukuran piston 79 mm dan stroke 50,9 mm.

Fitur

Fitur canggih apalagi kalau bukan YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle), sistem yang mengontrol pembukaan throttle, waktu pengapian, dan volume injeksi bahan bakar untuk mengembalikan traksi. Terintegrasi dengan 3 mode Traction Control System ( TCS), bisa di non-aktifkan sesuai keinginan. Lalu D-Mode menawarkan tiga pilihan: Standart, Mode A dan Mode B.

Karena memiliki DNA sport kental, maka suspensi depan menganut sistem up side down berukuran 43 mm, dan belakang link-type monocross. Penggunaan Lightweight aluminium Deltabox main frame, dirancang untuk memberikan responsif dan kelincahan berkendara.

Pengereman

Tak perlu khawatir dengan sistem pengereman. Yamaha sudah memasang Anti-lock Braking System (ABS). Gunakan kaliper 4 piston yang dipasang radial untuk menangani sepasang cakram 320 mm bagian depan, dan 220 mm belakang diapit kaliper 2 piston. Ada pula A&S clutch and Quick Shifter System (QSS), memberikan kemudahan untuk pengendara kala melakukan penggantian gigi transmisi. Efeknya lebih mulus, saat menaikkan atau menurunkan gigi.

Di Jepang sana, Yamaha MT-10 versi 2020 dijual seharga 2.035.000 Yen atau setara Rp 274,9 juta (Kurs 1 Yen = Rp 135,12). Kalau masuk sini, tentu harganya jauh lebih mahal karena menyesuaikan pajak barang mewah.

Sumber: Yamaha, Totalmotorcycle, Living with Gravity

Baca juga: Yamaha Rilis MT-10 Versi 2020, Lebih Segar

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto