Beranda UPDATES Yamaha Aerox 155 Tipe Paling Murah, Apa Saja Kelengkapannya?

Yamaha Aerox 155 Tipe Paling Murah, Apa Saja Kelengkapannya?

JAKARTA, Motovaganza.com – Selain NMax, Yamaha juga punya andalan lain di kelas skuter MAXI yaitu Aerox. Total ada 5 tipe yang ditawarkan – meski secara varian hanya ada 3 – yaitu S-Version, R-Verson dan standar. Varian paling tinggi, disematkan fitur paling komplet. Seperti Smart key, SSS (stop & start system) dan ABS (Anti-lock Braking System). Lantas, untuk tipe termurah dijual Rp 24,795 juta. Ia dapat apa saja?

Kita lihat dulu dari tampilan. Untuk Aerox standar punya warna yang lebih berani, ada Grey, Black dan Red. Ketiganya dipasangkan striping dengan motif lebih sporty, sesuai konsep dasar. Untuk varian Grey dikombinasikan dengan motif kuning. Kelir cerahnya itu terdapat pada kedua pelek, dan sedikit corak di cover setang bagian dalam, tameng depan, dan di tiap sisi bodi belakang. Kalau Black, hampir 98 persen didominasi warna dasar hitam. Sementara tipe Red punya cat lebih meriah di seluruh bodi.

Soal fitur, tipe ini sudah dilengkapi headlamp dan stoplamp LED. Sama seperti varian lain yang punya harga lebih mahal. Sorotan lampu teknologi diode diklaim lebih terang ketimbang halogen biasa, selain hemat daya.

Panel instrumen LCD 5,8 inci memberikan informasi lebih jelas dengan Multi Information Display (MID). Isinya pun lengkap, ada takometer, spidometer, fuelmeter, odometer, tripmeter, V-Belt trip, jam digital, VVA, Average F-Eco, Instant F-Eco, Self-Diagnosis, dan Voltase Aki (Battery). Semuanya mudah dibaca karena menggunakan layar negative display atau latar berwarna biru.

Untuk indikatornya, ada Coolant temperature warning light, Engine trouble warning light, dan High beam indicator light. Sementara tipe termahal ditambahkan dengan Anti-lock brake system (ABS) warning light, Smart Keys System, serta Stop & Start System.

Baca juga: REVIEW: Yamaha Aerox 155, Ini 12 Fitur Unggulannya

Fitur

Meski kategori termurah, ia sudah punya Electric Power Socket. Fitur ini sangat bermanfaat untuk pengendara saat kehabisan daya (baterai) gadget. Ditempatkan di kompartemen penyimpanan bagian depan sebelah kiri, lengkap dengan penutup. Namun untuk port dan kabel charger harus dibeli secara terpisah karena tidak termasuk dalam paket penjualan.

Semua skutik gambot Yamaha punya bagasi yang luas, termasuk Aerox. Tersedia ruang penyimpanan di bawah jok sebesar 25 liter. Dengan kapasitas seperti itu, cukup untuk menyimpan helm full face serta barang kecil lain.

Kemudian ada Smart Lock (pengunci rem saat parkir). Tuas yang berada di sebelah kiri handle ini berfungsi untuk mengunci roda belakang. Bermanfaat saat motor berhenti di tanjakan atau turunan. Selanjutnya disisipi Stand Side Switch, yang dapat memberikan rasa aman pengendaranya. Jika posisi standar samping dalam posisi turun, mesin tidak dapat dinyalakan.

Baca juga: Yamaha XMax dan Aerox Warna MAXI Signature, Makin Kinclong

Tampilan

Satu yang banyak menjadi alas an orang membeli Aerox adalah bodinya yang bongsor. Untuk memberikan tampilan gagah, dipasangkan ban tubeless berprofil lebar dengan ukuran 110/80-14 di depan dan 140/70-14 belakang.

Bagian jantung mekanis tidak ada perbedaaan dengan tipe paling mahal sekalipun. Semua sama, menggendong mesin 155 cc satu silinder 4-klep SOHC berpendingin cairan, lengkap dengan teknologi Blue Core serta katup variabel VVA khas Yamaha. Dapur pacunya mampu memuntahkan torsi puncak 13,8 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga maksimal 14,7 Hp pada 8.000 rpm. Ditambahkan pula Smart Motor Generation (SMG), yang bikin suara mesin makin halus.

So, meski dijual paling murah dibandingkan saudaranya yang lain bukan berarti jadi anak tiri. Berbagai fitur tetap disematkan Yamaha.

Baca juga: Beli Varian Yamaha Aerox Termurah, Dapat Apa Saja?

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

 

Video Terbaru Youtube The Official Oto