Beranda UPDATES Wah, Yamaha Pasok Motor Listrik untuk Sportscar Alfa Romeo

Wah, Yamaha Pasok Motor Listrik untuk Sportscar Alfa Romeo

IWATA, Motovaganza.com – Dikenal sebagai pabrikan sepeda motor, Yamaha ternyata punya kreasi lain yaitu motor listrik. Mereka tengah mengembangkan perangkat permanent synchronous magnet electric motor. Pengujian tengah dilakukan. Menariknya, motor listrik ini diuji menggunakan sportscar Alfa Romeo 4C.

Pabrikan berlogo garpu tala mengklaim sudah mulai menerima pesanan dari model contohnya itu sejak awal Februari lalu. Dari gambar tersiar, desainnya terlihat ringkas dan kompak. Tampilannya yang mungil memungkinkan perangkat ini dapat diaplikasi untuk semua model kendaraan. Mulai dari golf car hingga sekelas SUV.

Yamaha menyebutnya Interior Permanent Magnet Synchronous Motor (IPMSM). Selain ringkas, peranti yang dirancang di Iwata, Jepang juga memiliki pilihan output (tenaga).

Seperti dilansir Rideapart paket motor listriknya mampu menghasilkan tenaga mulai dari 35 hingga 200 kW atau sekitar 46 hingga 272 Hp. Variasi dayanya itu memudahkan kita menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan yang dirancang. Kelebihan lainnya yakni berkaitan harga dan seputar durability. Ada kemungkinan banderolnya jauh lebih terjangkau ketimbang produk OEM.

Baca juga: Siapkan Debut di IIMS 2020, Italjet Bawa Dragster
Baca juga: Seperti Toyota, Alfa Romeo Andalkan Motor Listrik Buatan Yamaha

Yamaha e01

Lha, bagaimana dengan aplikasinya untuk motor Yamaha sendiri? Speedhunters menulis, pabrikan Hamamatsu itu sebenarnya sudah melakukan serangkaian uji coba motor listrik sejak 2013. Hal ini dilakukan untuk scooter, e-bikes, dan trail. Yang terkini, di ajang EICMA 2019, Yamaha memamerkan proyek sepeda motor listrik yaitu skuter listrik E01 dan E02.

Ini bukan pertama kalinya Yamaha bekerja sama dengan pabrikan mobil. Sebelumnya mereka sudah berkolaborasi dengan produsen otomotif asal Jepang lain, yakni Toyota. Jadi, Yamaha yang kita kenal tidak hanya memproduksi sepeda motor, alat musik serta robot saja. Pabrikan ini juga dianggap sukses membuat mesin-mesin hebat untuk mobil dengan bobot ringan, namun bertenaga besar.

Sejak 1967, Yamaha sudah dipercaya Toyota untuk merancang mesin. Dibuktikan dengan Toyota 2000GT yang menggendong mesin 4A-GE. Mesin serupa dengan Sprinter Trueno AE86. Kolaborasi dua pabrikan Jepang itu juga membuat mesin untuk Celica GT-Four atau dikenal 3S-GTE.

Lainnya ada mesin 2ZZ-GE yang dipakai Toyota Celica GT-S dan Lotus Elise. Kemudian 2UR-GSE pada Lexus IS F, RC F dan GS F. Jangan lupa, juga ada 1LR-GUE V10 yang tertanam pada LFA.

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TVS NTorq 125 cc Punya Fitur Teknologi Konektivitas

NEW DELHI, Motovaganza – Berbagai teknologi baru disematkan pabrikan sebagai modal untuk bersaing. Strategi yang juga dilakukan TVS lewat produk unggulannya, NTorq 125. Model...

Dibanderol Rp 500 Juta, Superbike Listik Damon Hypersport Ludes Terjual

TORONTO, Motovaganza.com – Tren kendaraan listrik tak hanya melanda roda empat alias motor. Di segmen roda dua atau motor hal sama terjadi. Buktinya produksi...

Kawasaki Z900 MY 2020 Resmi Dijual, Harga Naik Cuma Rp 15 Juta

JAKARTA, Motovaganza.com --  Tak ada helamat, hanya lewat rilis, Kawasaki Indonesia mengumumkan kehadiran Kawasaki Z900 Model Year 2020. Edisi terbaru ini hadir dengan berbagai...

Triumph Street Triple R Dapat Update, Dijual Lebih Murah

LONDON, Motovaganza.com – Ada yang unik dari keluarnya Triumph Street Triple R edisi 2020. Model terbaru 765R, menyusul 765RS yang meluncur tahun lalu, mendapat...

Beli Motor di Astra Auto Fest 2020 Ada Potongan Tiap Bulan

JAKARTA, Motoaganza.com – PT Astra International bakal menggelar Astra Auto Fest 2020 akhir pekan depan. Tak hanya yang mencari mobil baru, mereka yang ingin...