Beranda UPDATES Virus Corona Mewabah di Austria, KTM dan Husqvarna Tutup Pabrik

Virus Corona Mewabah di Austria, KTM dan Husqvarna Tutup Pabrik

STOCKHOLM, Motovaganza.com – Tak hanya pabrikan roda empat, merek-merek roda dua juga terdampak wabah virus corona. Seperti di Austria, pabrikan kebanggaan negara tersebut KTM harus menghentikan produksi di pabrik mereka selama dua pekan gara-gara merebaknya COVID-19.

Langkah ini terpaksa diambil sebagai cara untuk mengurangi masifnya penyebaran virus corona di negara Austria. Pasalnya, negara ini termasuk yang terpapar. Virus corona menjadi kasus serius di negara asal KTM ini. Dari 158 negara, Austria menempati urutan ke-13 dalam daftar rangkuman Worldometers. Data per hari ini, Rabu (18/1) sudah ada 1.332 kasus atau bertambah 314 kasus dari hari sebelumnya. Wabah inipun sudah menelan 4 korban jiwa di sana.

Pemerintah Austria memang belum menetapkan lockdown. Namun, upaya social distancing terus dilakukan. Termasuk langkah antisipasi KTM. Pihak pabrikan memutuskan untuk menutup fasilitas produksi mereka yang berlokasi di Mattighofen.

Seperti dilansir visordown, induk perusahaan The Pierer AG Group menghentikan sementara selama 14 hari. Sumber serupa menyebut pula, KTM tidak terpengaruh dengan hal tersebut. Ketersediaan produksi KTM dipastikan cukup panjang. Perakitan unit motor tidak masalah karena dikatakan stok komponennya aman. Hanya saja, kevakuman ini bakal berdampak pada torehan penjualan KTM di paruh kedua nanti.

Baca juga: MotoGP: Jadwal Berantakan, Balapan Dilangsungkan Hingga 2021?

Dampak Pengiriman

Yang pasti operasional KTM akan terpengaruh lantaran tidak adanya proses produksi. Tak cuma KTM, keputusan serupa juga dilakoni brand di bawah naungan KTM AG, Husqvarna dan GasGas. Secara serentak produksi dari ketiga merek berhenti mulai 30 Maret sampai 10 April 2020.

Pengambilan sikap ditentukan setelah melihat kemungkinan terganggunya rantai pasokan untuk mereka. Seperti disebutkan Pierer Mobility, banyak komponen peruntukan grup KTM berasal dari wilayah Italia Utara. Dan, kita tahu negara ini merupakan wilayah Eropa paling parah akibat wabah corona. Italia bahkan sudah lebih dulu menyatakan lockdown yang artinya tak ada pengiriman komponen ke KTM untuk sementara waktu.

Baca juga: Takut Touring karena Virus Corona? Ini 5 Tips Mengantisipasinya

Pasokan dari Italia

Status itupun sudah mematikan sementara sektor perindustrian otomotif mereka. Di bidang roda dua, pabrik Ducati di Bologna sudah ditutup. Pun demikian dengan fasilitas MV Agusta di kota Varese. Lalu di industri roda empat, Lamborghini dan Ferrari juga sudah menutup lini produksi mereka. Sementara sektor pendukung seperti Brembo di Milan, masih berjalan meski sangat lambat.

Bukan tidak mungkin ada kebijakan baru dibuat dalam waktu dekat ini. Data terakhir menunjukkan jumlah kasus corona di sana mencapai 31.506 kasus (terbesar kedua setelah Cina) dengan kasus baru 3.526 kasus. Corona sudah menyebabkan 2.503 orang meninggal dunia.

Sumber: Autospinn, Visordown, KTM

Baca Juga: Hindari Covid-19, Produksi KTM Berhenti Sementara

ARY DWINOVINSYAH | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto