Beranda UPDATES Mantap Jiwa, BMW Ciptakan Motor yang Bisa Berjalan Sendiri

Mantap Jiwa, BMW Ciptakan Motor yang Bisa Berjalan Sendiri

Teknologi otonomos ini diuji coba di R 1200 GS.

MUENCHEN, 15 September 2018 — Teknologi otonomous atau otonom telah menjadi primadona bagi produsen mobil. Namun, teknologi tersebut belum membuat manufaktur motor tertarik. Menurut catatan kami, baru ada dua konsep otonomos yang dipamerkan oleh manufaktur motor. Pertama, adalah teknologi Honda ‘riding assist’, dan kedua adalah Yamaha Motoroid.

Kini, semuanya seolah berubah ketika BMW Motorrad mengambil langkah berani dengan memperkenalkan teknologi otonom. Berbasis motor BMW R 1200 GS, BMW mengembangkan teknologi otonomos yang dinamakan ConnectedRide.

Menurut mereka, motor berteknologi otonomos ini dikembangkan dengan tujuan membantu insinyur BMW mengintegrasikan sistem keselamatan dengan pengendara manusia secara efisien. Teknologi ini mengutamakan peran manusia untuk mengendalikan motor. Sementara sistem keamanan akan memperingatkan, menginformasikan atau campur tangan langsung pada situasi darurat.

Sayangnya, BMW belum memberikan detail bagaimana cara teknologi ini bekerja. Namun, tampaknya BMW R 1200 GS otonom memiliki motor penggerak aktuator sementara kopling, throttle, dan input gigi ditangani oleh sensor. Yang kami tahu, tidak ada sensor mahal atau kepala kemudi adaptif untuk menyeimbangkan sepeda motor. Sistem BMW berjalan dengan pendekatan yang lebih sederhana dan mencoba untuk meniru bagaimana manusia menyeimbangkan sepeda motor.

Pada akhirnya amat menyeramkan untuk melihat motor itu bejalan, menikung dan berhenti sendiri. Walaupun aplikasi teknologi sepeda motor otonom masih belum akan terlaksana dalam waktu dekat, kami cukup excited melihat motor yang berjalan sendiri.

REZA ERLANGGA

Comments