Beranda NEW BIKES Kawasaki Ninja ZX-10R, Upgrade di Banyak Sektor

Kawasaki Ninja ZX-10R, Upgrade di Banyak Sektor

MILAN, 22 November 2015 — Selain motor bergaya retro klasik, ajang Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA) 2015 di Milan, Italia, juga diramaikan dengan kehadiran motor berbasis notor sport dan racing.

Selain skuter Vespa dari Polini dan Suzuki GSX-R1000, Kawasaki tak mau ketinggalan dengan menghadirkan Kawasaki Ninja ZX-10R dan juga Ninja ZX-10R Kawasaki Racing Team (KRT) edition. Kawasaki meng-upgrade banyak bagian di ZX-10R. Mesin dan paket elektronik dan frame termasuk rem, suspensi, dan sasis.

Superbike asal Jepang ini mengusung mesin berkapasitas 999 cc DOHC. Perubahan dilakukan dengan penggunaan silinder head baru yang terbuat dari bahan titanium serta berpendingin cairan mesin ini diklaim akan mampu menghasilkan tenaga 200 PS pada 13.000 rpm dan dapat diandalkan untuk menghasilkan 270 tenaga maksimum PS dengan RAM Air. Adapun torsi puncak 113,5 Nm yang dicapai di 11.500 dengan. Untuk mengatur tenaga ini digunakan transmisi 6 percepatan yang sudah dilengkapi dengan Quick Shift Gear.

Menurut Kawasaki, ZX-10R mendekati kemampuan yang dimiliki WSBK Akashi. Sudah dilengkapi dengan Upside down milik Showa dengan pre-load adjustable pada bagian depan dan suspensi berisikan gas dengan adjustable preload dumping pada bagian belakangnya.

Mengingat tenaga yang dihasilkan cukup besar, Kawasaki melengkapi sistem pengereman dengan Brembo kaliper monobloc premium berukuran 330mm dengan sistem ABS.

Secara bobot, Kawasaki ZX-10R baru lebih erat sekitar 5 kilogram. Kini perangkat elektronik makin lengkap dengan quick shifter, 3-way launch control system, dan teknologi S-KTRC (Sport-Kawasaki Traction Control).

ANDHIKA KRESNA