Beranda UPDATES EsCargo, Motor Kargo Serbaguna dari RMIT

EsCargo, Motor Kargo Serbaguna dari RMIT

MELBOURNE, 11 Maret 2016 – Kendaraan ramah lingkungan kini mendapat perhatian lebih dari banyak pihak. Tak hanya kendaraan, mobil dan motor, penumpang tapi juga untuk keperluan lain. Salah satunya adalah sepeda motor listrik untuk kargo yang diberi nama EsCargo.

EsCcargo merupakan karya Oscar Fehlberg mahasiswa desain industri Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT University) di Melbourne, Australia. Motor listrik ini lebih dikhususkan untuk membawa barang. Sepintas tampilannya seperti skuter, tapi dengan pengemudi di bagian belakang dan barang di bagian depan.

Menggunakan penggerak roda depan yang menggunakan kabel, puli dan rotor pengatur arah mirip dengan cara kerja dari sebuah kapal layar. Walau hanya mengunakan tali yang bernama Dyneema, tali ini memang dirancang mampu bekerja secara ekstrim.

“Dyneema merupakan sebuah tali yang lebih kuat dari kabel baja, dan memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi,” kata Oscar Fehlberg. Untuk keselamatan, motor ini juga dilengkapi sistem pengereman dengan single disc di bagian belakangnya.

Fehlberg juga menambahkan mengenai letak dan posisi stang kemudi yang ada di bagian tengah “Ini jelas baik untuk pusat gravitasi dan stabilitas untuk memilikinya antara roda dan serendah mungkin. Baterai kita letakan di titik terendah. Sementara semua barang bawaan Anda di depan,” katanya.

Mesin escargot menggunakan pengerak atau motor yang digerakan dari arus baterai bertenaga 5-kilowatt. Baterai dengan sistem auto re-charge ini punya kemampuan maksimal 15kW dengan kecepatan 20 km/jam. Wah lumayan yah!

ANDHIKA KRESNA

latest updates

Review Kabel Accent Wire: Benarkah Bikin Motor Kesetanan?

Jakarta, 19 April 2019 - Kehadiran kabel Accent Wire atau “kabel setan” yang terdiri dari kabel positif CDI atau ECU ke koil telah ramai...

ICE Day 2019, Kelas Makin Banyak dengan Hadiah Jutaan Rupiah

JAKARTA, 19 April 2019 -- PT Astra Honda Motor (AHM) dan Asosiasi Honda CBR (AHC) menggelar Indonesia CBR Race Day...

Segini Harga Helm Captain America yang Dirilis HJC

Korea, 18 April 2019 - HJC baru saja merilis RPH11 PRO helm Captain America terbaru untuk tahun 2019. RPH 11 Pro diluncurkan menyusul kesuksesan...

AHM Bikin Kontes Modifikasi Virtual Challenge Honda PCX

JAKARTA, 18 April 2019 -- Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Honda Modif Contest (HMC) 2019 juga dimeriahkan dengan gelaran modifikasi melalui...

Triumph Motorcysles Pastikan New Speed Twin di IIMS 2019

JAKARTA, 18 April 2019 --- PT Garda Andalan Selaras (GAS) sebagai authorized distributor Triumph Motorcycles di Indonesia, siap meluncurkan satu...