Beranda UPDATES VIDEO: Mengenal Keyless Ignition System Suzuki GSX-R150

VIDEO: Mengenal Keyless Ignition System Suzuki GSX-R150

JAKARTA 24 Januari 2017 – Berbeda dengan pabrikan motor berlogo garputala Yamaha dengan varian terbarunya YZF-R15 dengan pengunaan suspensi upside down di bagian depannya, Suzuki menghadirkan fitur tercanggih dikelas motor berkubikasi 150cc dengan kehadiran “Keyless Ignition System” pada varian Suzuki GSX-R150 terbarunya.

Motor baru andalan Suzuki, Suzuki GSX-R150 memang telah dibekali dengan teknologi terkini, salah satunya adalah “Keyless Ignition System.” Ini merupakan sebuah fitur keamanan terbaru & pertama yang diaplikasikan ke sepeda motor, khususnya kelas 150cc.

Perkenalanannya beberapa waktu lalu memang menyita perhatian pengunjung yang hadir dalam gelaran Indonesia Motor Show 2016. Salah satu yang menjadi daya tarik selain desainnya yang berkiblat pada sang kakak GSX-R1000RR adalah fitur yang dibenamkan. Suzuki sengaja membekali sistem Keyless Ignition pada Suzuki GSX-R150 yang memiliki beberapa fungsi seperti, Answer back, Stimulator Ignition, pengamanan dan fitur kunci stang. Lalu bagaimanakah cara kerjanya?

Fitur yang diposisikan menyatu dengan tangki bensin ini digambarkan dengan kehadiran sebuah knop yang dapat dioperasikan menggunakan sistem keyless. Posisi  main switch didesain dengan tujuan agar memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya. Sementara knop tersebut memiliki fungsi sebagai sistem Answer back. Ini artinya ini motor bisa dioperasikan sebagai tombol buzzer dimana jika remote dan motor berada pada Jarak 20 meter dengan tombol dinyalakan maka lampu Hazard akan menyala. Fitur ini juga memudahkan kita mencari motor saat di parkiran di tempat umum.

Fitur “Keyless Ignition System” akan dapat dioperasikan jika jarak kunci dengan motor hanya berjarak maksimum satu meter. Sementara, jika jarak lebih dari yang telah disesuaikan atau lebih dari satu meter maka sistem Keyless Ignition pada Suzuki GSX-R150 akan menonaktifkan semua sistem kelistrikan. Ini artinya motor tidak akan mau dihidupkan. Jika anda lupa meletakkan posisi knob di posisi off / ACC ( belum posisi lock ) dalam waktu 4 detik, maka lampu hazzard akan menyala sekali dan secara otomatis knob akan pindah ke posisi Lock atau terkunci sehingga Knop tersebut tidak akan dicuri.

Fungsi lain dari knop sendiri juga dapat dijadikan sebagai kunci kinvensional saat anda harus melakukan penguncian stang, untuk membuka fuel cap dan membuka Jok belakang.

ANDHIKA KRESNA