Beranda CUSTOMIZED Vespa PK125, Motor Skutik Pertama

Vespa PK125, Motor Skutik Pertama

(Foto: scootermaniac.org)

Sepeda motor model skuter matik atau skutik sekarang ini menjadi primadona. Di jalanan Jakarta, misalnya, dari 10 motor yang kita jumpai bisa jadi 6 atau 7 di antaranya adalah skutik. Tahukah anda skutik yang saat ini sedang mewabah ini berasal?

Banyak yang beranggapan jika skutik pertama yang beredar di Indonesia adalah Yamaha Mio, produksi pabrikan asal Jepang Yamaha, maka jawaban Anda salah.

Saat Mio, pada 1991, masih dalam perencanaan oleh insinyur-insinyur hebat yang dimiliki Yamaha, Vespa sudah lebih dulu memproduksinya. Pada 1983, pabrikan asal Italia itu sudah mengeluarkan type Vespa PK125.

Skutik keluaran Vespa ini sudah menggunakan mesin matik berkapasitas 125cc. Tampil dengan ciri khas Vespa yaitu “Monocoque” body.

Di Indonesia model ini lebih dikenal dengan nama Vespa Corsa yang diperkenalkan satu tahun kemudian. Dengan kata lain, Corsa merupakan turunan dari skuter matik terdahulunya PK 125.

Vespa kemudian memproduksi Corsa secara besar-besaran pada 1984. Model ini masih menggunakan teknologi mesin 2 langkah atau 2 Tak. Sedikit berbeda dengan skutik kebanyakan asal Jepang, keluaran Suzuki, Yamaha atau Honda, yang sudah menggunakan mesin 4 Tak.

Pengendaraannya yang simpel, hanya mengandalkan gas dan rem, membuat skutik dengan cepat populer. Kini kita buktikan jika hampir 70 persen penjualan roda dua di Indonesia berasal dari skutik.

ANDHIKA KRESNA

Video Terbaru Youtube The Official Oto