Beranda MOTORSPORTS Valentino Rossi Berjanji Tampil Bagus di Sirkuit Kota Kebahagiaan

Valentino Rossi Berjanji Tampil Bagus di Sirkuit Kota Kebahagiaan

THAILAND, 3 Oktober 2019 –  Valentino Rossi telah tak sabar ingin kembali menjajal trek sirkuit di Buriram, Thailand. Menurut Rossi, Buriram merupakan sirkuit yang sangat ia sukai. Apalagi, juara dunia 9 kali ini memiliki kenangan indah tahun lalu. Tak hanya kompetitif di sesi uji coba, Rossi juga terinspirasi oleh hasrat para penggemar balap motor di sana.

Pembalap asal Italia itu berharap mampu tampil bagus, dan ingin naik podium di Thailand tahun ini, setelah hanya mampu meraih posisi empat tahun lalu. Sedikit kilas balik, tahun lalu, Rossi start dari posisi kedua. Melesat cepat dia berhasil memimpin balap selama enam putaran sebelum berhasil disalip oleh Marc Marquez.

Posisinya terus melorot hingga posisi tiga, setelah disalip oleh Andrea Dovizioso dan berakhir di posisi empat selepas dipecundangi oleh Vinales, rekan satu timnya di lap 20. Kejadian itu membuatnya berjanji untuk tampil lebih baik lagi. Apalagi The Doctor yang berada di urutan keenam klasemen pembalap MotoGP 2019 harus menjaga posisinya.

“Sekarang dimulailah serangkaian balapan di luar Eropa. Yang pertama diadakan di Thailand. Tahun lalu, merupakan balapan akhir pekan yang benar-benar menyenangkan karena saya mendapat tempat kedua dalam kualifikasi, dan saya juga cepat. Saya berjuang untuk meraih podium sampai akhir balapan. Saya tidak berhasil mendapatkannya, dan hanya menempati posisi keempat, tetapi saya cepat. Jadi, tahun ini targetnya adalah untuk membukukan kecepatan dan mencoba melakukan yang lebih baik dari tahun lalu,” sebut Valentino Rossi.

Rossi gagal naik podium tahun lalu

Didesain oleh arsitek Jerman Hermann Tilke, Sirkuit Internasional Chang dibuka pada 2014. Hanya satu tahun kemudian, mereka menggelar Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike, dan pada 2018 MotoGP melakukan debut di sana. Sirkuit ini terletak sekitar 410 km timur laut dari ibu kota Bangkok, dekat dengan kota Buriram.

Buriram diterjemahkan menjadi “Kota Kebahagiaan”, dan GP Thailand disukai oleh tim dan pembalap karena tata letaknya. Sirkuit ini memiliki panjang 4,554 km, termasuk lintasan lurus sepanjang 1 km, dan lima belokan kiri dan tujuh belokan kanan. Selain itu, fasilitas yang dimilikinya hebat dan kapasitas yang memungkinkan untuk menampung 100.000 penggemar. Nah, mampukah Rossi menepati janjinya kali ini? Mampukan dia mempersembahkan podium lagi sebelum pensiun?