Beranda UPDATES Yamaha YZ-R1 Bakal Jadi Motor Pertama yang Gunakan Gearbox Seamless?

Yamaha YZ-R1 Bakal Jadi Motor Pertama yang Gunakan Gearbox Seamless?

Gearbox seamless akan percepat perpindahan gigi.

Yamaha YZF-R1

JAKARTA, 7 September 2018 — Produsen Superbike selalu berusaha menerapkan teknologi termutakhir pada sepeda motornya. Yamaha misalnya, mereka adalah yang pertama menawarkan crossplane crankshaft di R1 pada tahun 2009. Teknologi canggih yang sebelumnya hanya kita lihat di motor MotoGP. Demikian pula, BMW HP4 RACE yang membawa serat karbon MotoGP ke motor produksi massal.

motovaganza award

Kini, dilihat dari tampilan gambar paten yang ada di laman ini, tampaknya Yamaha ingin menjadi yang pertama menawarkan gearbox seamless yang berasal dari MotoGP ke Yamaha YZF-R1. Jika Anda telah menggunakan quickshifter sebelumnya, Anda akan tahu seberapa cepat perpindahan gear yang bisa dilakukan saat berkendara.

Merasa teknologi tersebut masih bisa di maksimalkan, para insinyur Honda di MotoGP kemudian berhasil mempercepat proses perpindahan gigi pada tahun 2011, dan memulai era transmisi seamless.

Cara kerja transmisi ini sebenarnya sederhana saja, yakni Anda dapat memiliki dua gir yang bekerja pada saat yang bersamaan. Misal, Anda memilih gigi tiga dan akan pindah ke gigi empat. Maka saat gigi tiga berjalan, gigi empat sudah masuk, namun perpindahannya sangat halus.

Kinerjanya mirip dengan transmisi dual clutch di mobil masa kini. Perpidahan yang cepat ini membuat pengendara akan lebih percaya diri saat melakukan perpindahan gigi. Bahkan dalam kecepatan tinggi sekalipun.

Meskipun terdengar bagus, gearbox berteknologi tinggi ini sangat kompleks dan sangat mahal untuk dibuat. Jika Yamaha ingin memproduksi missal gearbox ini maka mereka harus menemukan solusi yang jauh lebih hemat biaya.

REZA ERLANGGA