Beranda UPDATES Yamaha Xabre 2019 Diluncurkan, Lebih Beringas dan Ramah Boncengers

Yamaha Xabre 2019 Diluncurkan, Lebih Beringas dan Ramah Boncengers

Akankah masuk Indonesia?

BANGKOK, 9 Oktober 2018 — Yamaha MT-15 2019 atau yang dikenal di Indonesia dengan nama Yamaha Xabre, diluncurkan di Thailand. Yamaha melakukan beberapa perbaikan baik dari tampilan maupun fitur.

motovaganza award

Yamaha MT-15 pada dasarnya adalah versi telanjang dari Yamaha R15 Versi 3.0, yang sudah dijual di negara kita. Berbeda dengan Xabre terdahulu, gaya desain motor ini telah mengalami perubahan cukup signifikan. Styling-nya agresif, tubuhnya semakin besar, berotot dan terlihat beringas.

Perubahan paling menarik ada pada desain lampu utama bergaya pemangsa. Tangki bahan bakar dibuat mirip dengan MT-09. Selain itu, profil massa motor berorientasi ke depan. Tata letak cluster instrumen serba digital juga telah dirancang ulang dan sekarang serupa dengan yang terlihat pada R15. V3.0.

Hal lain tak kalah menariknya adalah motor ini terlihat lebih panjang, dan tidak terlihat ‘nungging’ lagi. Sangat lega baik bagi ‘boncengers’ dan pengendara.

Pada bagian mesin, MT-15 2019 menggunakan mesin yang sama dengan milik R15 baru. Mesin SOHC 155 cc, satu silinder, menghasilkan tenaga puncak 19.3hp dan torsi 15Nm. Penambahan Variable Valve Actuation (VVA) membantu mesin menyajikan performa pada putaran rendah – menengah tanpa mengorbankan putaran atas.

Menggunakan sasis delta box, motor ini telah menyamai V-Ixion dan R-15 terbaru. Di sektor kaki-kaki menggunakan USD dan unit monoshock bagi suspensi belakang (tidak berubah). Rem cakram juga menghiasi roda depan dan belakang, sedangkan ABS dual-channel  dijadikan fitur standar.

Jadi, apakah MT-15 baru akan datang ke Indonesia? Tentu saja, apalagi kini bentuknya kian menarik.

REZA ERLANGGA