Beranda UPDATES Vokasi AHM dan Kemenperin Dikembangkan di 15 SMK Sulawesi Selatan

Vokasi AHM dan Kemenperin Dikembangkan di 15 SMK Sulawesi Selatan

MAKASSAR, 16 Januari 2019 — PT Astra Honda Motor (AHM) kembali dipercaya pemerintah untuk berperan aktif dalam program penguatan pendidikan vokasi industri otomotif roda dua di Tanah Air. Kali ini, kerjasama berbasis “Link & Match” dengan dunia industri ini merambah wilayah timur Indonesia melalui pengembangan 15 SMK pilot project di Sulawesi Selatan.

AHM bersama 15 SMK binaan menandatangani kesepakatan kerjasama dalam rangkaian acara Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri di wilayah Sulawesi bagian Selatan yang berlokasi di Kawasan Industri Makassar, Sulawesi Selatan (16/1/2019). AHM menyerahkan bantuan sarana praktik berupa 16 unit sepeda motor Honda dan 15 special tools serta materi ajar kepada 15 SMK mitra binaan AHM tersebut.

Dalam acara yang diprakarsai Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia tersebut, Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman hadir menyaksikan kesepakatan kerjasama antara industri dan SMK untuk bersama-sama memajukan pendidikan vokasi industri bagi generasi muda di bidang otomotif roda dua.

Tercatat sejak 2016, kerjasama AHM dan Kemenperin ini telah bergulir di Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, serta provinsi-provinsi yang berada di wilayah Sumatera bagian utara dan Sumatera bagian selatan. Melalui penambahan kerjasama di wilayah Sulawesi ini, terdapat total 150 SMK yang saat ini terlibat dalam pilot project Kemenperin dan AHM.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan AHM juga menjalankan Program Pendidikan Satu Hati. Program ini secara terstruktur berusaha mengembangkan dan mengimplementasikan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor (Kurikulum TBSM) Astra Honda yang saat ini sudah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

“Saat ini kami sudah menjalin kerjasama dengan 686 SMK TBSM Astra Honda yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia dan 268 Kabupaten/Kota. Tahun ini, kami akan mematangkan konsep Teaching Factory yang menerapkan proses pembelajaran langsung dalam dunia industri, sehingga kelak menjadi lulusan yang berkualitas dan siap bekerja di industri,” kata Muhibbuddin.

Selama proses belajar 3 tahun di kelas, peserta didik dari SMK-SMK mitra binaan AHM mendapatkan materi pembelajaran yang berbasis pada Kurikulum TBSM Astra Honda dalam bentuk teori, praktik dan magang langsung di jaringan bengkel resmi Honda.

Tidak hanya fokus pada materi teknikal, AHM juga aktif dalam penyusunan dan pengembangan materi produk kreatif dan kewirausahaan yang saat ini telah menjadi bagian dari struktur kurikulum ajar pendidikan vokasi seperti yang diatur dalam Spektrum Keahlian SMK/MAK.

RAJU FEBRIAN

latest updates

BMW Skutik BMW C 400 X Resmi Meluncur, Harga Rp 259 Juta

JAKARTA, 16 Februari 2019 -- PT Maxindo Moto Nusantara pemegang BMW Motorrad Indonesia memperkenalkan skutik premium BMW C 400 X...

New Honda Africa Twin CRF 1100L Siap Tantang BMW1200GS

TOKYO, 16 Februari 2018 – Jika rumor ini benar, maka tak lama lagi Honda Africa Twin CRF1100L akan diluncurkan. Motor...

Kenapa Helm Trail dan Offroad Seperti Cakil? Ternyata Ini Alasannya

JAKARTA, 15 Februari 2019 – Helm menjadi bagian penting bagi pengguna sepeda motor. Benda ini menjadi pelindung utama bagian kepala...

Corsa M5 Ban Awet yang Dirancang untuk NMax

JAKARTA, 12 Februari 2019 – Corsa baru saja melansir ban baru yang diberi nama M5 yang merupakan ban terbaru dari...

Marc Marquez Main Angklung Bawakan Lagu Bengawan Solo di Bandung

BANDUNG, 11 Februari 2019 – Akhir pekan pembalap MotoGP Repsol Honda Team, Marc Marquez di Bandung ditutup dengan bermain angklung...