Beranda UPDATES UIN Sunan Ampel dan Yayasan AHM Rilis Buku Fiqih Lalu Lintas

UIN Sunan Ampel dan Yayasan AHM Rilis Buku Fiqih Lalu Lintas

SURABAYA, 10 Januari 2019 — UIN Sunan Ampel dan Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) melakukan cara unik untuk menyampaikan pesan keselamatan berlalu lintas. Mereka menerbitkan Buku Fiqih Lalu Lintas yang mengangkat perspektif nilai-nilai relegius dalam berlalu lintas.

Wakil Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan terobosan pertama kalinya ini diharapkan dapat menjadi modal baru bagi para penggiat safety riding untuk terus mengingatkan para pengguna jalan akan pentingnya berkendara aman di jalan.

“Buku Fiqih Lalu Lintas ini menggambarkan bahwa safety riding bukan hanya masalah keduniaan semata. Ini bukan sekedar skill berkendara atau kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, tapi ada perintah agama di sana. Kami mengapresiasi karya akademisi UIN Sunan Ampel ini sebagai kontribusi nyata dalam memperkuat upaya bersama membangun kesadaran berkendara yang aman dan nyaman,” ujar Muhibbuddin.

Muhammad Lathoif Ghozali, salah satu Tim Penyusun Fiqih Lalu Lintas mengungkapkan Fiqih sebagai sebuah disiplin ilmu dalam agama Islam memberikan produk aturan dengan pejelasan teknis yang secara persuasif menuntut ditaati oleh seorang muslim. Fiqih Lalu Lintas ini bertujuan untuk melindungi dan memperbaiki kualitas kehidupan muslim saat di jalan raya dengan merujuk pada peraturan yang berlaku dari nilai-nilai sakral dalam ajaran Islam yang bersumber pada Alquran, Hadis, dan maslahah mursalah.

“Maslahah mursalah ini adalah prinsip kebaikan yang diserahkan kepada manusia mau mengambil atau tidak mengambilnya. Misalnya memiliki SIM, memakai helm, mematuhi rambu lalu lintas. Ini ijtihad kami dalam memberikan legitimasi teologis untuk membangun kesadaran bersama dalam berkendara di negeri ini,” ujar Lathoif.

Dia memaparkan buku ini terbagi dalam dua bagian utama. Pertama, tuntunan Islam dalam Berkendara yang menjelaskan perintah taat aturan lalu lintas, kewajiban menggunaan atribut safety riding, larangan melanggar aturan lalu lintas, kejahatan berkendara. Bagian Kedua tentang Meraih Surga dari Balik Kemudi yang menyuguhkan paparan tentang adab berkendara, doa-doa selama perjalanan, nasionalisme jalanan dan tadarus jalanan.

Peluncuran buku Fiqih Lalu Lintas ini dilaksanakan di sela-sela acara #PestaCariaman 2.0 yang berlangsung di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya pada Kamis (10/1). Hadir dalam acara ini Ketua Jurusan Pemikiran Islam UINSA Muchammad Helmi Umam, S.Ag, M.Hum, Wakil Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin, dan Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jatim, AKBP Eko Hengky Prayitno.

Pada acara kampanye safety riding ini diumumkan juga pemenang Vlog dan Photo Competition tentang Safety Riding yang diikuti oleh 43 vlogger dan 30 fotografer dari 24 kota. Acara ini juga dimeriahkan oleh Komika atau standup komedian Dodit Mulyanto.

RAJU FEBRIAN

latest updates

Ganti Gaya Jadi Kawasaki W175 CAFÉ dengan Aksesoris Seharga Rp 2,8 Juta

JAKARTA, 17 Januari 2019 -- PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja meluncurkan varian Kawasaki W175 CAFE yang mengusung aliran...

Bidik Triple Crown, Honda Umumkan Tim Balap Musim 2019

TOKYO, 16 Januari 2019 – Merayakan 60 tahun berkiprah di dunia balap, Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan rangkaian aktivitas balap yang akan diikuti...

Vokasi AHM dan Kemenperin Dikembangkan di 15 SMK Sulawesi Selatan

MAKASSAR, 16 Januari 2019 -- PT Astra Honda Motor (AHM) kembali dipercaya pemerintah untuk berperan aktif dalam program penguatan pendidikan...

KOCI, Komunitas Motor KTM yang Punya Visi ke Depan

JAKARTA, 15 Januari 2018 – Komunitas motor menjadi salah satu ajang untuk kumpul, menambah teman, silaturrahmi, pengalaman, ilmu dan banyak...

Luncurkan Kawasaki Genuine Oil, Ini Formula Unggulannya

JAKARTA, 14 Januari 2019 -- Selain melansir Kawasaki W175 Cafe, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga menghadirkan Kawasaki Genuine Oil...