Beranda EDITOR'S PICKS Triumph Pertahankan Mesin 2 Silinder pada Bonneville, Ini Alasannya

Triumph Pertahankan Mesin 2 Silinder pada Bonneville, Ini Alasannya

LONDON, 29 Oktober 2015 — Peluncuran generasi terbaru Triumph Bonneville di London, Inggris, Rabu (21/10) lalu, ternyata menyisakan pertanyaan. Ada perdebatan mengenai jumlah silinder pada mesin yang digunakan pada model terbaru mereka.

Triumph memperkenalkan 5 model baru Bonneville yaitu Street Twin yang didukung mesin 900 cc, Bonneville T120 dan T120 Black dengan 1.200 cc, serta duo Thruxton dan Thruxton R yang juga menggunakan mesin 1.200 cc.

Mesin-mesin yang terpasang masih berkonfigurasi 2 silinder. Konfigurasi mesin inilah yang menjadi perdebatan. Banyak yang berharap dengan mesin berkapasitas besar, Triumph sudah menggunakan mesin berkonfigurasi empat silinder, seperti yang sudah dilakukan pabrikan lain.

Triumph sendiri bersikukuh menggunakan mesin 2 silinder. “Kami ingin tetap mempertahankan heritage dan ciri khas British Twin Engine yang legendaris yang digunakan pada Bonneville,” kata Paul Stroud, Sales and Marketing Director Triumph Motorcycles kepada Motovaganza.

Triumph meracik ulang sasis, suspensi dan desain yang unik untuk setiap Bonneville. Pengerjaan selama empat tahun ini untuk menghasilkan Triumph yang lebih baik dari sisi pengendalian, kontrol dan kenyamanan. Selain Street Twin yang akan diluncurkan ke pasaran Desember mendatang, empat model lainnya baru dipasarkan tahun depan.

MUNAWAR CHALIL (LONDON)