Beranda UPDATES Tips Beraksi Seperti Presiden Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

Tips Beraksi Seperti Presiden Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

Bagi Anda yang ingin mencoba ketiga trik tersebut, berikut cara-caranya.

JAKARTA, 22 Agustus 2018 — Presiden Indonesia, Joko Widodo begitu mencintai kendaraan roda dua. Rasa cinta mendalam itu kerap diperlihatkan secara benderang kepada publik dan kini telah menjadi identitas pria asal Surakarta itu. Tentu masih lekat di ingatan kita ketika Jokowi membesut motor chopper-nya bersama para modifikator, atau saat Jokowi blusukan ke event-event otomotif di Indonesia, seperti di Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

motovaganza award

Kecintaan itulah yang diolah menjadi video dengan begitu brilian oleh panitia pembukaan Asian Games 2018. Mereka meracik kisah heroik perjalanan Jokowi mengendarai motor ke Gelora Bung Karno menjadi sebuah film pendek.

Diperankan oleh stuntman asal Thailand, digambarkan Jokowi melakukan beragam gerakan akrobatik seperti wheelie, burn out hingga stoppie. Asal tahu saja, meskipun hanya tiga gerakan, namun tidak mudah dilakukan orang awam.

Bagi Anda yang ingin mencoba ketiga trik tersebut, berikut cara-caranya.

STOPPIE

Carilah area datar dan mulus seperti tempat parkir atau jalanan tertutup untuk mengurangi resiko cidera. Pacu motor Anda pada kecepatan 48-72 kpj. Condongkan badan ke depan dan angkat berat badan Anda ke atas setang. Sportbike dengan bar/setang rendah adalah pilihan terbaik.

Ketika Anda mencapai di area yang telah Anda targetkan untuk melakukan stoppie, cepat tekan tuas rem depan sampai garpu depan tertekan ke arah depan. Kemudian, tekan tuas rem lebih keras sambil pindahkan berat badan Anda ke depan sampai roda belakang mulai terangkat. Jangan terburu nafsu melakukannya, nikmati prosesinya secara bertahap hingga Anda mampu melakukannya secara sempurna.

WHEELIE

Ada tiga jenis wheelie yang perlu Anda ketahui. Pertama adalah power wheelie yang sempurna untuk pemula. Anda cukup duduk manis di atas motor, pilih gigi pertama biarkan motor berjalan pelan/bisa juga dilakukan saat motor berhenti, buka throttle dengan cepat hingga ban depan terangkat.

Ulangi proses ini hingga sempurna. Kedua adalah clutch wheelie. Mulai dengan cara yang sama seperti power wheelie. Masukkan gigi 1, putar gas hingga rpm cukup tinggi (7.000-8.000 rpm), tahan kopling, lalu lepaskan hingga roda depan terangkat. Ulangi hingga Anda menguasainya.

BURN OUT

Masukkan gigi satu, tekan rem depan, dan kopling bersamaan. Putar gas hingga rpm meroket ke 7.000-8.000 rpm, lalu lepaskan kopling. Pastikan kaki Anda menapak sempurna dan tubuh sedikit condong ke depan. Perlahan-lahan mulai lepaskan kopling sambil menjaga rem depan ditarik rapat. Anda akan merasakan ban mulai berputar. Teruslah berakselerasi, hingga ban mengeluarkan banyak asap akibat gesekan dengan aspal.

Lengkapi diri Anda dengan perangkat keselamatan berkendara yang lengkap mulai dari helm, sarung tangan, jaket berkendara dan protektor sebelum melakukan ketiga trik di atas. Lakukan pula ketiga trik tersebut di tempat lapang yang aman dari lalu lintas dan potensi bahaya lainnya. Dan, ingat practice make perfect. Berlatihlah sehingga Anda menguasai ketiganya dengan sempurna.

REZA ERLANGGA