Beranda UPDATES Teaser Debut Terakhir Ducati Panigale

Teaser Debut Terakhir Ducati Panigale

JAKARTA, 22 Juni 2017 – Ducati membuka teasernya terbaru yang menampilkan Ducati Panigale dengan sentuhan warna baru. Namun di detik ke sebelas, muncul tulisan “When The End Tells The Whole Story”. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah ini akan menjadi edisi terakhir Ducati Panigale?

Seperti dilansir motorcycle-magazine.com, Ducati akan meluncurkan superbike bertenaga V4 baru tahun 2018 pada 7 Juli mendatang di Sirkuit Laguna Seca, California, Amerika Serikat. Motor itu kemungkinan akan dipasarkan pada akhir tahun ini.

Ducati Panigale akan menggunakan versi mesin V4 1000cc V4 MotoGP Desmosedici. Namun, Ducati juga telah mengungkapkan bahwa Panigale akan tetap menjadi motor WSB-nya pada 2018. Jadi, edisi akhir Panigale membuat banyak akal sebagai model top-spec run-out yang tampil di teaser ini.

Hal tersebut sesuai dengan pola normal perusahaan. Mereka terus menggunakan Ducati 998 di WSB selama setahun setelah Ducati 999 diluncurkan, dan mempertahankan Ducati 999 sebagai motor balapnya selama 12 bulan setelah debut Ducati 1098. Hal yang sama terjadi lagi ketika Ducati 1198 ditukar dengan Panigale 1199.

Peluncuran di Lagunaseca juga masuk akal. Kemungkinan untuk menargetkan pemirsa Amerika. Paling tidak karena Panigale 1299 (dan 1199cc Panigale R) masih sesuai dengan peraturan emisi AS. Ducati 1299 adalah satu-satunya Ducati yang tidak memenuhi batas emisi Euro4.

Peluncuran tersebut, pada putaran WSB (World Super Bike), mengisyaratkan bahwa versi ini mungkin merupakan update edisi final untuk Panigale R 1199cc. Dari video yang diupload Ducati bahwa motor tersebut akan memiliki skema warna Tricolore, berwarna merah, hijau dan putih. Sekali lagi, itu adalah sesuatu yang Ducati telah gunakan untuk model tertinggi dari Ducati.

Khususnya, Panigale adalah satu-satunya generasi superbike Ducati yang tidak bisa memenangkan mahkota WSB. Perusahaan memiliki satu tahun tersisa untuk memperbaiki itu. Dengan meluncurkan edisi akhir High-end Panigale, mungkin bahkan dengan sasis serat karbon Superleggera 1299, ada kemungkinan untuk melakukan itu.

Akhir dari panigale? Kita lihat saja kelanjutannya nanti. Berikut videonya.

https://www.youtube.com/watch?v=g4hQUl6BjxI

SYAIFUL ACHMAD