Beranda UPDATES Suzuki Siap Kenalkan Motor baru di Jakarta Fair 8 Juli Besok

Suzuki Siap Kenalkan Motor baru di Jakarta Fair 8 Juli Besok

JAKARTA, 6 Juli 2017 – Persaingan kendaraan roda dua tanah air memang semakin sengit sehingga pabrikan besar harus mengikuti trend dan permintaan konsumen terkini. Nah, rencananya Suzuki Indomobil Sales akan memperkenalkan satu model baru di ajang Jakarta Fair Kemayoran 2017, Sabtu, 8 Juli 2017 besok.

Suzuki cukup apik merespon permintaan konsumen. Misalnya saja kehadiran duo GSX-150R dan GSX150-S yang cukup laris. Mengedepankan sisi kendaraan yang kompak, ringan , powerfull juga ditambah teknologi up-to-date dan dengan harga yang cukup murah dibanding kompetitornya, menjadikannya idola baru bagi konsumen Suzuki.

Bagaimana dengan model baru yang akan diperkenalkan? Motovaganza sempat mencoba mencari konfirmasi namun pihak Suzuki masih merahasiakannya. Kami membuat perkiraan motor yang akan diperkenalkan nanti.

V-Strom 250

Desas-Desus Kabar V-Strom 250 juga tercium dikalangan media otomotif. Motor berkode DL250 mengambil nama V-Strom 250 yang mencirikan sebuah marga Suzuki yang terkenal dengan gaya Adventure. Mengusung mesin Parallel Twin 248cc menghasilkan tenaga 25 hp diklaim cukup untuk menemani penjelajahan jarak jauh. Ada teman kami yang bertanya, lantas V-Storm bukankah sebuah keluarga yang mengusung mesin “V” kenapa V-Strom 250 menggunakan mesin parallel twin? Opini kami, Kemungkinan itu sebuah strategi pemasaran dengan menggunakan “brand image” yang lebih dulu dikenal dan teruji. Seperti Kawasaki Ninja 250 R yang berbasis mesin Kawasaki EX-250 banyak yang mengira adalah bagian dari keluarga “ZX” series. Jika V-Strom 250 yang jadi meluncur di Indonesia, maka akan sepadan melawan Honda CRF Rally 250 atau lebih pas lagi dengan Kawasaki Versys-X250 yang sama-sama khas motor adventourer.

Burgman 180cc CKD

Kabar lain yang mencuat juga adalah ramainya pasar skuter besar yang lagi ngetrend saat ini. Pasar masih didominasi oleh Yamaha dengan potensial skuternya yaitu Yamaha NMax. Berkutat di segmen skuter 150cc sejak tahun 2015 ternyata belum membuat Yamaha senang hingga akhirnya mereka meluncurkan Varian maxi skuternya yaitu XMax 250cc. Suzuki sebenarnya juga punya “senjata” dari kasta Burgman 200, namun kabar yang beredar masih simpang siur apakah Suzuki akan melahirkan Suzuki Burgman versi CKD mengabil platform Burgman 200 untuk bersaing dengan NMax atau tidak. Suzuki memang bisa dilihat saat ini mulai Pede saat GSX-150 series nya mulai naik daun, sama persis dengan kelahiran Suzuki Satria FU 150 pertama kalinya yang sempat menjadi tulang punggung penjualan motor Suzuki bertahun tahun hingga akirnya Satria FU tertolong dengan sang jagoan baru Suzuki GSX seriesnya. Jika Suzuki tetap bertahan dengan dua produk baru unggulannya GSX dan Satria FU injeksi sangat disayangkan, pasar skuter bongsor 150 cc sangat empuk buat di lahap. Apalagi dengar kata “Burgman” itu suatu yang premium di kelas skuter. Setuju?

GSX-R150 non Keyless

Dan yang terakhir GSX-150 non Keyless menjadi bayangan para media otomotif, padahal menurut kami GSX-R150 dengan harga yang cukup menggiurkan tersebut sudah cukup murah ditambah dengan penyematan fitur terbaru ‘Keyless’ membuat poin plus buat GSX-R150. Kelas Sport 150cc Memang menggiurkan juga tentunya, sayangnya Suzuki menyadari hal ini terlalu lama yang terlebih dulu melahirkan Suzuki Inazuma 250 padahal waktu itu sedang ramainya pabrikan berkompetisi di kelas 150cc. Pengurangan Fitur tersebut juga bukan tanpa alasan, seperti banyak pabrikan melakukan ‘pilihan’ untuk tipe ABS dan Non-ABS right? Dan pastinya harga akan lumayan terpangkas sehingga konsumen bisa memilih ‘perlu atau tidak perlu’ menggunakan sistem keamanan tersebut.

Penasaran motor apa yang akan Suzuki perkenalkan 8 Juli mendatang? Pantau terus ya!

SYAIFUL ACHMAD