Beranda UPDATES Suzuki Jual Hayabusa Rakitan India

Suzuki Jual Hayabusa Rakitan India

NEW DELHI, 10 Maret 2016 — Suzuki mengambil langkah berani terkait superbike Hayabusa. Pabrikan asal Hamamatsu itu berencana menjual GSX-1300R versi CKD (knockdown) di India dan wilayah lain.

Hal ini dilakukan karena menjual versi CBU akan mendongkrak harga Hayabusa terlalu tinggi. Rencananya Hayabusa akan dirakit di pabrik Suzuki di Manesar dengan menggunakan komponen impor.

GSX-1300R Hayabusa adalah superbike otentik pertama yang dibangun oleh Suzuki di India. Potensi pasar yang besar menjadi alasan utama Suzuki. Selain itu Hayabusa dibangun untuk menghadang laju Kawasaki ZX-14R.

Pesaing utama Hayabusa memang Kawasaki ZX-14R. Meski sudah melakukan strategi harga yang lebih murah namun supersport tourer milik Kawasaki itu tidak mudah dimangsa.

Nantinya, Hayabusa yang dibangun di Manesar akan dijual 13,57 lakh rupee India, atau sekitar US$ 20.140, sedangkan Kawasaki ZX-14R hadir dengan harga 17.90 lakh rupee India, yaitu sekitar US$ 26.580. Hal ini terkait proteksi pajak bagi produk dalam negeri.

RAJU FEBRIAN

Comments