Beranda UPDATES Storm Pulse, Motor Listrik dengan Daya Jelajah 380 Km

Storm Pulse, Motor Listrik dengan Daya Jelajah 380 Km

EINDHOVEN, 11 Oktober 2015 – Mahasiswa Universitas Teknologi di Eindhoven, Belanda memperkenalkan Storm Pulse, motor listrik yang bisa menempuh 380 km untuk sekali isi baterai. Angka yang bisa membuat motor touring-adventure ini sebagai motor listrik dengan daya jelajah terjauh saat ini.

Tidak ada sihir dari proyek Pulse Storm. Jawabannya adalah pada penggunaan baterai besar pada motor tersebut. Namun penambahan sel baterai yang banyak membuat berat motor juga bertambah. Storm Pulse memiliki bobot 340 kilogram, bukan berat yang ideal namun masih lebih ringan dari kebanyakan motor adventure yang ada.

Meskipun bongsor, Storm Pulse dapat mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam dan menempuh 0-100 km/jam dalam 5 detik.

11102015-Moto-storm-pulse-electric-01

Ada dua model yang dibuat. Pertama versi touring yang bisa memuat 24 cartridge baterai untuk penyimpanan energi 28.5kWh. Angka ini dikurangi setengahnya untuk versi motor balap.

Waktu pengisian adalah 8 jam. Namun, untuk pengisian 80% hanya membutuhkan 38 menit! Frame motor dibuat sendiri dari bahan dengan garpu Hossack dan shock kustom.

Motor 35 kW dengan puncak 70 kW dan torsi 120 Nm. Para siswa terus mengembangkan motor ini dan berencana membuat motor bisa menjelajahi dunia dalam 80 hari.

RAJU FEBRIAN