Beranda UPDATES Silinder Rem Brembo PR16 Bermasalah, Aprilia dan Ducati Kena Dampak

Silinder Rem Brembo PR16 Bermasalah, Aprilia dan Ducati Kena Dampak

DETROIT, 4 Januari 2017 – National Highway Traffic Safety Administration (NTHSA) Amerika Serikat mengumumkan recall keamanan terkait silinder master rem depan Brembo yang terpasang di sepeda motor Aprilia dan Ducati.

Disebutkan jika piston silinder master rem depan, yang terbuat dari plastik, bisa retak setelah penggunaan yang berlebihan (hard use).

Model yang terpengaruh antara lain 2017 Aprilia RSV4 dan 2017 Aprilia Tuono 1100. Model Ducati juga termasuk dalam recall ini diproduksi antara 2015 sampai 2018 seperti 1229 Panigale, Panigale R, Monster 1200, Multistrada 1200 dan 1260, XDiavel S dan Scrambler 800 Cafe Racer.

Silinder rem Brembo yang dimaksud adalah model PR16, yang sering digunakan bersamaan dengan kaliper Brembo M50. Masalah timbul saat master cylinder, terbuat dari plastik yang disebut polyphenylene sulfide, bisa retak setelah hard use sepertibalapan atau saat ABS diaktifkan terlalu sering.

Untuk pasar Amerika Serikat, piston silinder plastik ini akan diganti dengan model aluminium. Penggantian ini akan dilakukan di dealer resmi masing-masing merek dan akan bebas biaya di AS mulai 15 Februari.

Master Brembo PR16 banyak digunakan motor-motor top-end, termasuk pabrikan lain seperti KTM, Kawasaki, Triumph Motorcysles dan lain-lain.

RAJU FEBRIAN

Comments