Beranda UPDATES Setelah Satu Dekade, Suzuki Katana Siap Bertarung

Setelah Satu Dekade, Suzuki Katana Siap Bertarung

COLOGNE, 3 Oktber 2018 — Ajang Intermot 2018 di Cologne, menjadi saksi kehadiran Suzuki GSX-S1000S 2020. Katana terbaru dibuat tanpa meninggalkan desain asli Katana era 80-an, dengan fairing depan tajam, lampu depan dan bodi kotak. Bodinya dibalur cat perak untuk menegaskan lekukan tubuh serta desain futuristis yang dimilikinya.

motovaganza award

Berbeda dengan motor lama yang menggunakan lampu depan pop up, Katana baru menggunakan sepasang LED yang akan memberikan penerangan lebih baik daripada lampu konvensional. Tampak pula DRL (day time running light) melengkapi fungsi penerangan di Katana baru.

Di sektor mesin, motor ini menggunakan mesin berkapasitas 999 cc, empat silinder segaris dengan transmisi enam kecepatan. Mesin tersebut menggunakan mesin milik GSX-R1000 yang diklaim memiliki tenaga maksimal 150 hp dengan torsi 108 Nm. Modal yang kuat untuk bersaing melawan para naked bike lainnya di segmen motor 1000 cc.

Mesin ini menggunakan torque-limiting slipper clutch, dan tiga mode berkendara seperti halnya seri Gixxer. Ini masih ditambah dengan teknologi start-assist, ABS, rem Brembo dengan disc depan 310 mm, garpu deoab upside-down KYB 43 mm, suspensi belakang yang bisa disesuaikan.

Jarak sumbu roda motor ini mencapai 57,5 inci yang berarti mnotor ini tidak jauh berbeda dengan dimensi Gixxer atau Bandit. Melengkapinya, Katana baru menggunakan frame GSX-R dan lengan ayun milik GSX-R1K 2016, ban belakang lebar, dan pelek six-spoke dengan ban 120/70ZR-17 dan 190/50ZR-17 Dunlop Sportmax Roadsport.

Saluran buang menggunakan konfigurasi 4-1. Subframe dan jok dibuat kompak yang semakin membuatnya tampak berotot akibat penggunaan fairing depan gambot, serta bagian belakang ramping.

RAJU FEBRIAN