Beranda EDITOR'S PICKS Seriusnya Kota Oxford

Seriusnya Kota Oxford

(Foto-foto: Munawar Chalil/Motovaganza)

OXFORD, 25 Oktober 2015 – Menunggangi Triumph Tiger Explorer 1200 sembari mengelilingi Inggris lima hari ini benar-benar jadi pengalaman luar biasa bagi Motovaganza. Minggu malam, rombongan kami tiba di Oxford, sekitar jam 10.00 malam waktu setempat.

Kami berlima, Paulus B. Suranto, Managing Director PT Triumph Motorcycles Indonesia, saya, Wisnu Guntoro (Dapurpacu.com), Aryo (Detik.com), dan Ryan (Majalah Rolling Stone) memilih langsung masuk hotel. Maklum perjalanan kami kemarin cukup melelahkan.

Banyak cerita soal kota yang satu ini. Richard The Lion Heart, raja Inggris yang terkenal tegas dan bengis itu lahir di daerah ini. Juga Winston Churchill, perdana menteri Inggris legendaris, yang membawa Inggris dan sekutunya memenangkan PD II juga berasal dari wilayah ini.

Oxford adalah sebuah kota dan distrik nonmetropolitan di Oxfordshire, Inggris. Kota ini terletak sekitar 90 km dari London dan dialiri Sungai Thames. Ditetapkan secara resmi sebagai kota pada tahun 1542, Oxford pertama kali dimukimi pada masa Anglo-Saxon dan awalnya dikenal dengan nama “Oxenaforda”.

Catatan sejarah pertama yang menyebut kota ini adalah Anglo-Saxon Chronicle yang terbit tahun 912. Nama Universitas Oxford, universitas tertua di kawasan berbahasa Inggris, sudah disebut pada abad ke-12.

Lantaran kota pelajar, semua orang di sini terkesan serius banget. Semalam di lounge hotel nggak ada yg ketawa. Penampilan khas mahasiwa dan dosen yang serius. Cuma rombongan kita saja yg ketawa-ketawa.

Siang ini, kami mencoba berjalan-jalan di pusat kota kecil ini. Bagunan-bagunan tua yang masih terawat rapi menjadi pemandangan hampir di tiap sudut. Dari Oxford rencananya kami langsung menuju London.

MUNAWAR CHALIL (OXFORD)