Beranda EDITOR'S PICKS Sedap, Suasana Motorcycle Traveler di Horizons Unlimited Indonesia 2018

Sedap, Suasana Motorcycle Traveler di Horizons Unlimited Indonesia 2018

RANCABUAYA, 17 Oktober 2018 – Sepanjang weekend kemarin dari hari Kamis (11/10) sampai hari Minggu (14/10) di Rancabuaya, Garut, Jawa Barat, berkumpul ratusan adventurer (petualang) dari mancanegara dalam acara Horizons Unlimited (HU) Indonesia 2018 yang digagas oleh Jeffrey Polnaja, atau akrab disapa Kang JJ.

motovaganza award

Para petualang berdatangan sejak hari Kamis dengan kendaraan sepeda motor dari berbagai jenis, model dan merek. Mereka berdatangan dari ragam kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan juga dari mancanegara seperti Amerika Serikat, Australia dan Malaysia. Kedatangan mereka ke sini adalah untuk bertemu, bercengkerama sekaligus sharing pengalaman tentang perjalanannya berpetualang ke ragam wilayah ataupun negara.

HU Indonesia 2018 ini merupakan kegiatan tahunan yang kedua kalinya diselenggarakan di Indonesia, setelah yang pertama pada Mei 2017 di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini merupakan bagian dari World Traveller Meeting yang digagas oleh pasangan petualangan bermotor dunia asal Amerika. Grant dan Susan Johnson sejak 1997.

“Jumlah total peserta yang teregister via internet adalah 150 orang, umumnya dari Indonesia dan para peserta berdatangan ke sini memakai sepeda motor, apapun sepeda motornya. Tanpa ada perbedaan, silahkan mendaftar dan datang ke sini,” ujar Kang JJ sebagai penggagas.

“Untuk akomodasi para peserta kami menyediakan tempat untuk berkemah di mana para peserta bisa mendirikan tendanya di lokasi tersebut. Lokasinya di pinggir pantai, juga ada panggung hiburan dan tempat untuk sharing pengalaman di aula utama,” ujar Kang JJ, pengelana Indonesia yang telah melintasi 97 negara di dunia.

Dalam suasana santai, para petualang di antaranya Grant Johnson, Steve Crombie dan istrinya Amelia, Anita Yusof dari Malaysia serta Kang JJ sendiri berbagi pengalaman seru mereka keliling dunia. Bahkan ada salah seorang peserta dari Australia, yang melakukan perjalanan dari Bali ke Rancabuaya dengan motor klasik Honda S90 selama empat hari.

Acara HU Indonesia 2018 di Padi Padi Beach Resort, Rancabuaya, dekat daerah wisata pantai Puncak Guha memang asyik banget. Suasananya penuh keakraban dan santai. Sharing berjalan mengalir baik pada saat jam sesi maupun di luar itu. Para peserta bisa saling mengenal. Yang okenya lagi, para peserta berkemah di pinggir pantai menghadap ke lautan luas Samudra Hindia.

Para peserta dijamu dengan makanan dan minuman khas Indonesia seperti ubi rebus, singkong, kacang rebus, jagung dan bandrek. Semua orang menikmati suasana tersebut. Tim Motovaganza sendiri datang ke lokasi pada hari Jumat (12/10) dengan terbagi ke dalam dua grup, grup yang pertama lewat Sukabumi yang tembus ke Sagaranten, sedangkan grup kedua lewat Cianjur tembus ke Ciwidey dan Soreang.

Mau tau bagaimana kisah perjalanan kami ke HU Indonesia 2018? Ikutin terus yaa….

EKA ZULKARNAIN