Beranda UPDATES Royal Enfield Bakal Rakit Motor di Asia Tenggara, Termasuk Indonesia?

Royal Enfield Bakal Rakit Motor di Asia Tenggara, Termasuk Indonesia?

JAKARTA, 18 Mei 2018 – Royal Enfield dikabarkan tengah mempertimbangkan membuka perakitan di Asia Tenggara. Menurut laporan MoneyControl, pabrikan asal India itu menimbang khususnya di Thailand, Indonesia dan Vietnam.

Brand yang dikenal dengan motor-motor bergaya klasik dan mesin mid-capacity ini mendapat tempat tersendiri di negara-negara Asia Tenggara.

Bagaimana rencana Royal Enfield di Asia Tenggara? Siddhartha Lal, MD & CEO, Eicher Motors mengatakan Royal Enfield sangat baik dari sisi brand maupun penjualan di  Thailand dan Indonesia. “Kami telah melihat daya tarik yang sangat baik untuk Royal Enfield di pasar-pasar ini. Kami akan memiliki perusahaan dengan karyawan sendiri yang bekerja di sana, sementara distribusi dilakukan oleh kami tetapi dealer akan bersifat lokal. Idenya adalah harus diikuti oleh perakitan lokal tetapi kami mencari opsi yang berbeda. Preferensi adalah melakukan manufaktur kontrak daripada membuat sepeda sendiri,” katanya.

“Dari sudut pandang perpajakan, masuk akal untuk melakukan perakitan (dibandingkan mengekspor produk CBU dari India). Jika berhasil, kita juga bisa melakukannya di Vietnam,” tambah Siddhartha Lal.

Dilaporkan jika ekspor merek ini tahun tumbuh sebesar 25% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Mereka disebutkan mengekspor sekitar 20.000 unit sepanjang tahun lalu. Lal mengungkapkan bahwa dalam dua tahun ke depan, mereka akan menambah jajaran line-up sekaligus menambah jumlah ekspor.

RAJU FEBRIAN