Beranda UPDATES Reinkarnasi, Horex Luncurkan VR6

Reinkarnasi, Horex Luncurkan VR6

(Foto: autoevolution.com)

FRANKFURT, 17 September 2015 — Gelaran Frankfurt Motor Show 2015 tak hanya dimanfaatkan pabrikan roda empat. Pagelaran bergengsi ini juga digunakan pabrikan motor asal Jerman, 3C Carbon Group. Mereka menegaskan kembalinya merek Horex dalam ajang tersebut.

Sekadar informasi, Horex adalah produsen sepeda motor Jerman yang didirikan pada 1920 oleh perusahaan kaca Rex, dan berkantor pusat di Bad Homburg. Pada 1955, Daimler mengambil alih perusahaan kaca tersebut. Setelah 5 tahun, tepatnya pada 1960, Horex menghentikan produksinya. Setelah lebih dari 50 tahun, pada 15 Juni 2010 lalu, pabrikan itu mengumumkan comeback.

Model pertama yang akan diperkenalkan Horex adalah Horex VR6. Motor ini pun mulai kembali dikerjakan sesaat setelah Horex dibeli Carbon Group pada Februari lalu. Tiga bulan kemudian, desain ulang dari motor tersebut akhirnya terselesaikan.

Dari serangkaian pengujian mesin terbukti tenaga yang dihasilkan mesin barunya ternyata lebih garang dari model pendahulunya yakni, 170 bhp dan dengan torsi 138 Nm. Sementara pada bagian kaki-kakinya motor ini menggunakan suspensi Ohlins baik untuk roda depan maupun belakang dan berbobot kering 221 kilogram.

Untuk pengeremannya menggunakan rem cakram Brembo. Horex juga mengubah tampilan panel cluster dengan sentuhan modern, yakni menggunakan LCD, serta lampu utama telah menggunakan LED.

Untuk tahap awal, Horex masih memproduksinya secara terbatas yakni cuma 33 unit. Nantinya pabrikan tersebut akan membanderolnya dengan harga 22.500 euro.

ANDHIKA KRESNA