Beranda UPDATES RAT Camp Independence Day Ride 2018

RAT Camp Independence Day Ride 2018

JAKARTA, 29 Agustus 2018 – Riders Association of Triumph (RAT), komunitas para penggemar sepeda motor Triumph kembali menggelar touring. Kali ini touring diberi nama RAT Camp Indenpence Day Ride 2018 dipusatkan di Batu Karas, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Acara berlangsung selama 4 hari, 23 Agustus sampai 26 Agustus 2018.

motovaganza award

Ini merupakan RAT Camp pertama sejak komunitas ini berdiri 3 tahun lalu. Tak kurang 47 rider Triumph ikut serta. Mereka berasal dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

Peserta dari Jakarta, memulai perjalanan pada Kamis (23/8) pagi menuju Bandung. Sekitar 24 rider menggunakan tunggangannya masing-masing. Setelah menginap semalam di Bandung, Jumat (24/8), rombongan bergabung dengan anggota RAT dari Bandung dan Bali. Rombongan bertambah besar melakukan riding ke Batu Karas, Ciamis. Di perjalanan rombongan melakukan upacara bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di Puncak Guha, Caringin, Garut. Lokasi bibir pantai selatan Jawa ini menjadi pilihan sebelum menuju Batu Karas.

Di hari yang sama, rombongan anggota RAT dari Yogyakarta juga memulai perjalanan. Rombongan ini bertemu langsung dengan yang lainnya di Batu Karas. Sorenya seluruh peserta bertemu dan berkumpul di Batu Karas Hotel.

Dody Sagir, Ketua Panitia dan Tour Road Captain RAT Camp 2018 mengatakan RAT Camp ini dipersiapkan sekitar dua bulanan. “Rute ke Batu Karas via Pangalengan dan Rancabuaya dipilih karena pemandangan yang menakjubkan dan karakter jalanan yang lengkap mulai naik-turun gunung, berkelok-kelok, kebun teh, aspal mulus, jalan kecil perkampungan sampai jalan mulus menyusuri sisi pantai,” kata Dody yang juga West Java Captain.

“Saya sebagai RC dibantu 4 marshall tengah dan 1 sweeper dari RAT Jawa Barat. Diharapkan ini bisa menjadi standar tour mandiri (tanpa patwal) khas RAT yang betul aman dan nyaman, sekaligus tertib berlalu lintas,” katanya.

Sabtu (25/8) pagi, kegiatan di bagi beberapa kegiatan sesuai dengan minat. Ada yang mengikuti body rafting di Grand Canyon, berenang atau mencari spot foto menarik. Sabtu malam, acara ramah tamah, sekaligus penyematan emblem kepada anggota-anggota baru, sekitar 10 orang. Acara ditutup dengan melepaskan lampion ke udara usai penyematan patch untuk anggota baru.

Hari terakhir Minggu (26/8) pagi rombongan kembali ke kota masing-masing melalui Bandung. Dody mengatakan rute pulang menempuh jalur Batu Karas – Cikajang – Kamojang – Majalaya – Bandung dengan jarak tempuh 240km. “Jalur ini juga tidak kalah menantang dan full pemandangan keren,” katanya.

Sementara Galih Surya, Ketua Umum RAT mengatakan RAT Camp kali ini seru abis. Moment ini bisa untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antar anggota. Apalagi semua wilayah hadir dari Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Bali. “Semua peserta RAT Camp begitu antusias. Apalagi pas kita buat acara ceremonial hormat bendera sebagai bentuk nasionalisme. Apresiasi setinggi mungkin buat panitia acara yang dipercayakan ke RAT Jabar. Arrange kegiatan RAT Camp disusun apik. Ya bisa menghilangkan penat di akhir pekan dari kesibukan sehari-hari,” kata Galih kepada Motovaganza.

Galih mengatakan Camp RAT ini rencananya akan dilangsungkan setiap tahun. “Rencana begitu. Tapi daerahnya akan beda-beda tiap tahun sehingga setiap wilayah kebagian. Rencana tahun depan di Jawa Tengah,” tutup Galih.

MUNAWAR CHALIL