Beranda UPDATES Pierobon X80R, Mutasi Ducati 848 Superbike

Pierobon X80R, Mutasi Ducati 848 Superbike

(Foto: asphaltandrubber.com)

JAKARTA, 30 November 2015Ducati bergerak menjauh dari kategori supersport menjadi sport bike. Namun perusahaan teknik Italia, Pierobon, berhasil melakukan modifikasi. Mereka meluncurkan Pierobon X80R yang menggunakan Superbike Ducati 848 yang dibungkus dengan rangka khas milik mereka.

Pierobon memang cukup terkenal di dunia balap. Mereka pernah memodifikasi Ducati 1199 Panigale dan Ducati Panigale 899 menjadi Pierobon X60R dan Pierobon F042 HStreet.

Anada beberapa kesamaan antara X80R dan X60R Superbike seperti penggunaan frame alumunium EN AW-7020 dan swingarms yang sama.

Ducati 848 superbike yang menggunakan full fairing dan single arm yang khas dirombak Perobon. Perusahaan Italia itu menggunakan lengan ayun dual arm berbahan allumunium aloy layaknya motor superbike asal Jepang. Motor ini juga memiliki “tulang” atau rangka yang baru dari Pierbon.

Selain karena dianggap lebih stabil dalam bermanuver, lengan ayun keluaran Pierbon dianggap lebih mudah perawatannya dan juga dianggap kuat.

Pierobon X80R berkapasitas 849 cc ini juga memiliki bobot yang lebih ringan yaitu seberat 150 kg saja atau 18 kg lebih ringan dari versi Ducati 848 Superbike. Hal ini merupakan kabar baik bagi mereka yang menginginkan kecepatan dengan bobot yang ringan dalam dunia balap motor.

Ini dia galerinya…

ANDHIKA KRESNA