Beranda UPDATES Petualangan Menantang di GIVI Rimba Raid Adventure Racing

Petualangan Menantang di GIVI Rimba Raid Adventure Racing

KUALA TAHAN, 10 Juli 2018 – Anda mungkin sudah mengenal Off-road Adventure Baja, Enduro Madness Pattaya atau Red Bull Romaniacs. Semuanya menyuguhkan petualangan adventure di alam bebas yang diikuti oleh ratusan peserta dari mancanegara. Medannya full penuh tantangan dan menguras adrenalin serta ketangguhan mental.

Nah, dalam lima tahun ini sejak 2015 ada yang namanya Rimba Raid, yakni balap reli sepeda motor yang diselenggarakan di Malaysia di mana setiap peserta di setiap kelas harus mencatat waktu paling cepat untuk menjadi juaranya.

Balapan ini terbagi ke dalam empat kelas, yang diklasifikasi sesuai jenis sepeda motor dan kapasitas mesin, yaitu Kelas A: dual-purpose di atas 700cc, Kelas B: dual-purpose 400-650cc, Kelas C: adventure 250-750cc, serta Kelas Enduro.

Bisa dikatakan, Rimba Raid sebagai balap yang meleburkan menjadi tiga aspek yaitu kecepatan, keterampilan, dan petualangan. Seluruh peserta dalam lomba ini dituntut mampu menghadapi berbagai lintasan alam dengan waktu tercepat.

Event ini menjadi annual gathering kalangan motorcycle enthusiast dengan mengambil start di Kampung Bukit Mat Daling, Jerantut, Pahang. Event ini mendapat sponsor utama dari GIVI sehingga namanya menjadi GIVI Rimba Raid Mat Dalaing dengan diikuti oleh 120 peserta dari Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, China, Prancis, Inggris, Australia dan Italia.

Dulunya, berawal dari agenda main trail segelintir orang yang diikat oleh pertemanan di setiap hampir akhir pekan. Tapi sekarang menjadi salah satu event off-road adventure bike yang ditunggu-tunggu di kawasan Asia.

Dato’ Capten Nik Huzlan, Direktur Manager, Rimba Raid Sdn Bhd, mengatakan, “Rimba Raid memenuhi kebutuhan dan gairah para pengendara Big Dual Purpose Adventure yang mencari petualangan yang sebenarnya, dengan susah payah Rimba Raid memilih rute yang menampilkan hutan alami Malaysia, dengan tempat acara yang terletak di tengah-tengah Semenanjung, di tepian sungai terpanjangnya.”

Pada event yang diselenggarakan 6 – 8 Juli kemarin, diikuti oleh sepeda motor seperti BMW’s R1200GS dan GS Adventure, F800GS, F700GS & F650GS, KTM’s 690 Enduro, 990 Adventure, 1190R Adventure & 1290 Super Adventure R, Triumph Tiger 800, Yamaha XT1200Z Super Tenere, Honda Africa Twin dan juga Ducati Scrambler Desert Sled.

Wisnu “Gareng” Guntoro Adi

Para penggila petualangan dan kecepatan itu harus berkompetisi di hutan tropis Taman Negara di Pahang dengan menempuh jarak 100 km. Untuk tahun ini, Indonesia diwakili Opstitiyon Werong Budiman dari Bali yang turun di Kelas C menggunakan Honda CRF 250 Rally, dan Wisnu Guntoro Adi, jurnalis petualang yang masuk sebagai observator sekaligus tim GIVI sponsor utama Rimba Raid 2018. Wisnu masuk dalam Grup A menunggang New Triumph Tiger 800 XCX.

“Kami senang menjadi bagian dari seri balap petualangan ini dan yang akan datang untuk wilayah ini. Karena ini adalah yang pertama bagi kami di GIVI, kami berharap acara ini akan sukses dan menjadi lebih besar di masa depan,” kata Joseph Perucca, Direktur GIVI International, GIVI Explorer Founder.

EKA ZULKARNAIN

latest updates

Touring FORWOT 2018, Membangun Kebersamaan Sembari Menimba Ilmu

BOGOR, 10 Desember 2018 – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menggelar touring ke-16 yang berlangsung pada 8-9 Desember 2018...

250 Peserta Siap Ramaikan Indonesia CBR Raceday

JAKARTA, 8 Desember 2018 – Tak kurang dari 250 peserta siap meramaikan seri terakhir Indonesia CBR Raceday (ICE Day) 2018...

Utech Iridium Spark Uma Racing Laser Iridium

JAKARTA, 7 Desember 2018 -- Fitriansyah Kete, rider senior yang kini menjadi pembalap garda depan tim Astra Motor Racing Team...

Meriah dan Solid, Perayaan Sewindu YBBC

BEKASI, 6 Desember 2018 -- Komunitas pengguna Yamaha Byson khususnya di Kota Bekasi yang tergabung dalam Yamaha Byson Bekasi Club...

Massiv Batteries Luncurkan Massiv Amal Aki Khusus untuk Sepeda Motor

JAKARTA, 6 Desember 2018 -- Satu lagi nama baru meramaikan pasar aki sepeda motor Indonesia. PT Wacana Prima Sentosa (WPS),...