Beranda UPDATES Norton Motorcycle Gandeng Zhongsen Bangun Motor Twin 650cc

Norton Motorcycle Gandeng Zhongsen Bangun Motor Twin 650cc

CHONGQIN, 28 Juli 2017 – Pernyataan mengejutkan dari laman facebook resmi Norton Motorcycle, mengumumkan kerjasamanya dengan perusahaan raksasa sepeda motor asal Cina, Zhongshen Motorcycle. Kolaborasi keduanya disebutkan akan menghasilkan motor twin 650cc menggunakan mesin Norton.

Norton dan Zhongshen telah menandatangani perjanjian Desain dan Lisensi 20 tahun untuk mesin double silinder  650cc yang baru. Mesin twin 650cc yang direkayasa bersama dan dikembangkan oleh Norton dan Ricardo telah dirancang khusus untuk kebutuhan Zhongshen dan akan memenuhi persyaratan Euro 4.

Mesin dan ‘IP yang dikembangkan oleh Norton sangat spesifik dan eksklusif untuk Zhongshen dan diharapkan mesin akan diproduksi dengan merek’ Zhongshen ‘atau’ Cyclone ‘.

Tidak diungkapkan nilai dari kesepakatan keduanya. Namun pertimbangan awal yang dibayarkan kepada Norton ada dalam jutaan dolar dengan royalti yang terus berlanjut pada setiap mesin yang diproduksi. Kesepakatan itu untuk jangka waktu 20 tahun, tahun lalu Zhongshen memproduksi sekitar 4 juta mesin.

CEO Norton, Stuart Garner mengatakan kerja sama ini adalah dukungan besar dari platform mesin baru 650cc Norton dan menunjukkan keahlian teknik tingkat tinggi yang didapatkan di Norton. “Bekerja dengan Zhongshen ke depan akan memungkinkan mereka menghasilkan mesin dengan emisi rendah berkualitas tinggi sesuai dengan standar global saat ini,” katanya.

“Komersialisasi IP kami adalah area kunci untuk Norton dan kami akan menginvestasikan pendapatan substansial yang diterima kembali ke kemampuan keterampilan, pelatihan dan teknik kami, sehingga memastikan keberlanjutan jangka panjang bagi sepeda motor Norton buatan Inggris kami di Inggris,” lanjut Stuart Garner.

Sebagai catatan, Norton akan terus membuat semua mesin Norton miliknya di Inggris di pabrik Donington Hall. Dengan kata lain Norton tetap dibuat di Inggris bukan di Cina.

SYAIFUL ACHMAD