Beranda UPDATES Mudik Aman? Kenali Rambu-Rambu Jalan Berikut Ini

Mudik Aman? Kenali Rambu-Rambu Jalan Berikut Ini

JAKARTA, 25 Juni 2017 – Mudik dengan menggunakan sepeda motor menjadi salah satu pilihan dari tahun ke tahun. Berbagai situasi dan kondisi dihadapi selama perjalanan sehingga sangat diperlukan kehati-hatian untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Kasus kecelakan lalu lintas tahun lalu memang menurun dibanding tahun 2015. Meski demikian tak pernah ada yang mengharapkan hal buruk tersebut. Dari data yang diambil Korlantas Polri terkait arus mudik lebaran 2016 itu tercatat 2.719 kecelakaan, korban meninggal dunia 504 orang, luka berat 873 orang dan luka ringan mencapai 3635 korban jiwa selama 2 minggu!

Hal ini bisa kita hindari, salah satunya, dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan ini. Kelihatan sepele, tapi sangat penting. Berikut beberapa rambu dan marka jalan yang perlu mendapat perhatian.

1. Garis Putih Tanpa Putus
Marka jalan ini sebenarnya sering kita temui, apalagi buat yang suka banget dengan istilah cornering jangan anggap sepele garis ini. Garis yang memperingatkan kita agar tetap mematuhi jalur dan tidak boleh menyalip (keluar atau masuk) jalur lawan arah. Buat yang suka nikung saat di jalan, harap hati-hati jangan sampe ‘cilukba’ dengan truk atau bus dari arah berlawanan.

2. Rambu Peringatan Kabut
Jika Anda melihat rambu ini disaat melintasi suatu daerah yang rawan kabut, jangan pernah memaksa kendaraan Anda untuk tetap berjalan ketika kondisi kabut tebal dan membatasi penglihatan AndaM menepilah dan nyalakan lampu hazzard jika motor Anda memiliki fitur ini.

3. Patuhi Rambu di Perempatan Jalan
Sering juga terjadi di lokasi seperti ini, meskipun sudah ada lampu pengatur lalu lintas dan rambu lainnya kadang masih banyak orang yang tak menggunakan nalar sehat dengan tetap menerobos lampu saat merah dan tak sabar menunggu hijau.

4. Jangan Mengambil Jalur Orang Lain
Kondisi jalan sekarang memang makin padat kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Ya namanya macet dinikmati aja. Tapi sering kita lihat disaat macet, banyak yang nekat jalan di jalur yang berlawanan. Mereka mungkin berpikir lebih cepat, tapi hal ini selain merugikan diri sendiri jika terjadi kecelakaan dapat merugikan orang lain. Dan pastinya akan membuat jalan semakin semrawut.

5. Patuhi Rambu-Rambu Waspada dan Larangan
Biasanya rambu-rambu waspada itu berwarna kuning untuk memperingatkan kita agar hati-hati, misalnya Rambu Rawan Longsor, Tikungan Tajam dan lainnya. Untuk rambu larangan biasanya identik dengan lingkaran berwarna merah yang dicoret misalnya dilarang putar balik, dilarang belok kiri dan lain-lain.

Kecelakaan bukanlah hal yang kita inginkan. Meskipun terkadang kita sudah berhati-hati namun orang lain belum tentu hati-hati. Tetaplah jadi pelopor keselematan berkendara dan mari kita patuhi rambu-rambu lalu lintas serta marka jalan yang ada. Keep safety on road ya! Selamat mudik.

SYAIFUL ACHMAD