Beranda UPDATES Motor Sexy MV Agusta Ini Hanya Dijual 100 Unit Saja di Dunia

Motor Sexy MV Agusta Ini Hanya Dijual 100 Unit Saja di Dunia

Akan diluncurkan di EICMA 2018.

ROMA, 24 Oktober 3018 — Selama bertahun-tahun, MV Agusta F4 telah menghiasi dinding kamar tidur banyak remaja, membuat orang dewasa bernafsu pada lekukan tubuh indahnya, performa mesin memikat, serta pada paras wajahnya yang aduhai.

motovaganza award

Meskipun telah berusia lebih dari dua dekade, F4 masih bisa membuat superbike modern malu berada di dekatnya. Tidak berlebihan pula rasanya jika kita menyebut MV Agusta F4 telah membawa standarisasi mutu superbike jalanan ke tempat yang belum pernah ada sebelumnya, sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 di Milan motorcycle show.

Kini, telah hadir F4 Claudio, edisi terakhir F4 yang dibaptis dengan nama almarhum Claudio Castiglioni, Bapak MV Agusta yang membangkitkan merek ini tiga dekade lalu. Mengusung nama founding father MV Agusta, F4 Claudio hanya dijual 100 unit saja.

Berbasis MV Agusta F4 RC, F4 Claudio dibalut palet warna dual-tone (hitam dan emas) serta dibekali race kit. Semua panel superbike ini dibuat dari serat karbon, termasuk velg yang diberi aksen serpihan emas memesona. Pengurangan bobot juga menjadi agenda MV Agusta guna meningkatkan performa F4 Claudiio.

Hasilnya, motor ini menggunakan baut dan sekrup titanium, bersama dengan komponen mesin aluminium sehingga bobot keringnya hanya 175 kg. Sebagai tambahan, kursi pengendara dijahit dengan sulaman logo Claudio sebagai pusat perhatian.

Di balik fairing-nya, duduk sebuah mesin empat silinder segaris bertenaga 212 hp dengan torsi maksimal 115 Nm pada 9.300 rpm (dengan menggunakan knalpot SC Project). Tanpa race kit, tenaga maksimalnya 205 hp saja. Divisi Reperto Corse (RC) MV Agusta merancang dan mengembangkan port intake dan knalpot baru untuk motor tersebut. Guna mengurangi friksi, mesin mendapat pengikut cam DLC serta batang piston titanium.

Mesinnya dikawinkan dengan gearbox 6-speed quickshifter bi-directional dan kopling slipper STM (kopling basah). Ada empat mode berkendara di motor ini, yakni Normal, Sport, Rain dan Custom. Sebagai tambahan, MV Agusta F4 Claudio juga mendapatkan dasbor AIM dengan pencatatan data lengkap, sistem kontrol traksi delapan tingkat yang dikontrol oleh IMU, dan MVIC (Motor & Vehicle Integrated Control System).

Di sektor kaki-kaki, dipastikan menggunakan Ohlins NIX 30 TiN-coated fork dan Ohlins TTX36 shock di belakang. Sistem pengereman menggunakan dual 320mm “T-Drive” disc di depan dan Brembo Stilema 4-piston monobloc radial calipers.

MV Agusta F4 Claudio bakal memulai debut globalnya di EICMA motorcycle show, Milan, bulan depan.

REZA ERLANGGA