Beranda EDITOR'S PICKS Mantap Jiwa, Inilah Fakta Moge yang Digeber Jokowi di Pembukaan Asian Games...

Mantap Jiwa, Inilah Fakta Moge yang Digeber Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

Motor Jokowi itu bertenaga besar dan mampu berlari kencang.

JAKARTA, 19 Agustus 2018 — Video aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunggangi motor ke acara pembukaan Asian Games 2018, di Gelora Bung Karno, Jakarta, viral di dunia maya. Alasan viralnya video tersebut karena tidak sekadar menunggangi motor, Jokowi digambarkan mampu membesut Yamaha FZ1 Fazer melompati sebuah truk dan rombongan pejalan kaki, hingga meliuk-liuk di gang kecil sebelum akhirnya mencapai tujuan dengan selamat.

Aksi itulah yang diapresiasi sangat baik oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Kita tentu paham benar, bahwa Presiden RI ke-7 itu tidak melakukan aksi stunt itu sendirian. Bahkan, ada beberapa trick “ilusi” layar kaca yang digunakan dalam adegan tersebut.

Maklum saja, video aksi Jokowi bermotor ditujukan sebagai eye opener dalam sebuah pertunjukan hiburan kolosal. Nah, bagaimana fakta-fakta motor yang digunakan oleh pasukan pengamanan Presiden sejak jaman Susilo Bambang Yudhoyono itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Yamaha FZ1 Fazer tercatat eksis sebagai kendaraan pengawal Presiden sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bermodal seragam hitam, helm hitam hingga motor yang juga hitam, sosok pasukan bermotor ini tampil sangar. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang mengendarainya melakukan pengawalan VVIP (Very Very Important Person) dengan berada di sisi kiri dan kanan kendaraan Presiden atau tamu VVIP.

2. Yamaha FZ1 Fazer Paspampres tentu tidak dilengkapi senjata. Tetapi, prajurit yang menggunakan dilengkapi submachine gun H&K MP5 kaliber 9 mm, dan sebuah pistol. Selain dilengkapi senjata, pengendara dan penumpang dilengkapi safety gear seperti helm modular, hingga jaket dan sepatu berkendara.

3. Yamaha FZ1 Fazer, menggunakan mesin empat silinder, 20 katup, berpendingin cairan, DOHC, dan berkapasitas 998 cc. Pengapiannya menggunakan Digital TCI (Transistor Controlled Ignition) dengan ECU 32-bit. Tenaga maksimalnya mencapai 150 hp dengan torsi maksimalnya mencapai 106 Nm.

4. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke roda belakang melalui transmisi enam kecepatan dengan kecepatan puncak mencapai 256 km/jam. Akselerasi ¼ mil (0-400 meter) dihajar dalam waktu 11 detik saja. Konsumsi bahan bakar motor ini 17,4 km/liter.

5. Mesinnya merupakan turunan dari yamaha R1 tahun 2002, menggunakan sasis berspesifikasi mutakhir. Di sektor kaki-kaki, motor ini menggunakan frame aluminium twin spar, suspensi depan upside down (USD) bergaya MotoGP dengan diameter 43 mm lansiran Kayaba dan bisa diatur preload, rebound, hingga compression-nya. Di bagian belakang menggunakan Single link-actuated Kayaba dengan penyesuai preload, rebound damping.

6. Sebagai penghenti laju digunakan cakram ganda berdiameter besar (320 mm), empat piston dan kaliper Sumitomo. Di belakang menggunakan cakram berukuran 245 mm. Ukuran ban depan motor ini 120/70 x 17, sementara ban belakang menggunakan ukuran 190/50 x 17.

7. Motor ini memiliki panjang 2.141mm, lebar 770 mm dan tinggi 1.204 mm. Tinggi jok dari tanah adalah 815 mm, jarak sumbu rodanya 1.460 mm. Jika dilihat dari kemampuannya, sudah tentu motor ini memiliki segala kelebihan teknis untuk melakukan aksi stunt seperti stoppie hingga wheelie. Bagaimana dengan aksi melompati truk dan kerumunan orang banyak? Ada alasan mengapa dalam dunia motorcross hingga freestyle, pembalap yang melakukan jumping biasanya mendarat dengan roda belakang.

REZA ERLANGGA

latest updates

Ahwin Sanjaya Akhiri IRS 2018 di Posisi 2 Klasemen Akhir

JAKARTA, 14 Desember 2018 -- Pembalap muda binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) Ahwin Sanjaya menutup gelaran Kejurnas Sport 250cc...

Pendidikan Vokasi Astra Honda Kini Hadir di Tanjung Selor

TANJUNG SELOR, 14 Desember 2018 – Pengembangan pendidikan vokasi industri oleh PT Astra Honda Motor (AHM) telah merambah seluruh provinsi...

Ini Langkah Agar Tampilan Motor Anda Tak Kusam

JAKARTA, 14 Desember 2018 – Musim penghujan memang menjadi musim yang paling tidak menyenangkan bagi pengendara motor. Selain kehujanan, sepeda...

Inilah Daftar Pemenang Indonesia Road Safety Award 2018

JAKARTA, 13 Desember 2018 -- Indonesia Road Safety Award (IRSA) kembali digelar untuk keenam kalinya. Pada IRSA 2018, sejumlah daerah...

Yamaha Aerox 155 Tampil Baru di Akhir Tahun

JAKARTA, 13 Desember 2018 – Di penghujung tahun 2018, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan penyegaran pada Yamaha Aerox. Skuter...