Beranda UPDATES Kymco Ionex, Skutik Listrik dari Taiwan

Kymco Ionex, Skutik Listrik dari Taiwan

TOKYO, 1 April 2018 – Gelaran Tokyo Motorcycle Show akan segera digelar. Pabrikan skuter asal Taiwan, Kymco, mengatakan keikutsertaannya. Mereka merilis foto produk terbaru mereka, skuter Kymco Ionex 2018. Laporan Motorcycle News menyebutkan Kymco Ionex mampu menjawab tantangan skutik elektrik yaitu – penampilan menarik, waktu pengisian, daya jangkauan, dan infrastruktur.

Kymco tak mau kalah bersaing dengan pabrikan besar yang sudah merilis sepeda motor listrik dan skuter (e-bike). Beberapa bahkan mengkhususkan diri hanya pada kendaraan roda dua seperti Zero Motorcycles dan Energica. Meski cukup terlambat, Kymco punya target besar. Mereka berencana untuk memperkenalkan 10 e-bike dengan volume penjualan yang diproyeksikan sebesar 500.000 unit di seluruh dunia.

Sistem penggerak Ionex menggunakan dua baterai ringan yang terletak di bawah lantai footstep, yang bisa dilepas untuk pengisian. Dengan berat masing-masing hanya 5 kg, baterainya memiliki beberapa opsi pengisian daya, termasuk pengisian in-bike charging, atau menggunakan listrik di rumah atau kantor.

Pilihan lain termasuk Power Outlet Network, di mana pengendara dapat menukar baterai yang habis dengan unit yang terisi penuh dan Charge Point Network. Pilihan lain adalah menyewa baterai ekstra yang dapat disimpan di bawah jok Ionex, yang mempebesar jangkauan hingga lebih dari 200 km untuk sekali isi.

Nah, Ionex juga punya baterai “inti” ketiga yang dipasang secara permanen. Hal ini memungkinkan pengendara untuk terus menggunakan e-bike untuk jarak pendek sementara dua baterai yang dapat dilepas sedang diisi ulang. Kymco belum merilis informasi tentang harga, ketersediaan, berat, kinerja, atau jangkauan.

RAJU FEBRIAN