Beranda UPDATES Komparasi Honda Forza 250 Vs Yamaha X-Max

Komparasi Honda Forza 250 Vs Yamaha X-Max

Honda Forza 250 Diluncurkan di GIIAS 2018, mampukah mengalahkan Yamaha Xmax?

JAKARTA, 5 Juli 2018 — Honda Forza 250 diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 oleh PT Astra Honda Motor, sebagai Agen Pemegang Merek (APM) motor Honda di Indonesia. Kehadiran Honda Forza melengkapi jajaran skutik milik Honda.

Skutik premium bertubuh bongsor menjawab harapan banyak penggemar motor skutik Honda yang selalu bertanya kapan kiranya AHM merilis pesaing Yamaha XMax matik lansiran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Indonesia. Kini pertanyaan itu sudah terjawab.

Motovaganza melakukan komparasi spesifikasi antara Honda Forza 250 melawan Yamaha XMax yang terdiri dari perbandingan desain, dimensi, performa, fitur, hingga kaki-kaki.

Desain dan Dimensi

Kita mulai dari desainnya. Keduanya mengadopsi garis-garis tajam di sekujur tubuhnya. Yamaha XMax menyebut desainnya sebagai ‘Ultimate Design’ dengan DNA Max Yamaha. Artinya, Yamaha ingin skutik premiumnya memiliki body sporty dan dinamis sehingga menunjukkan karakter sepeda motor dengan performa tinggi. Sementara Honda Forza 250 menurut AHM hadir dengan desain mewah dan sporti.

Dalam hal posisi mengemudi, keduanya juga memiliki pendekatan yang hampir sama. Keduanya memiliki posisi riding tegak agar pengendara mampu mengontrol motor lebih baik karena mampu melepaskan pandangan ke segala arah secara sempurna. Skutik itu juga telah dilengkapi dengan dua pijakan kaki dan desain jok yang luas dengan kontur ganda. Perbedaan yang terlihat adalah tinggi jok. Yamaha XMax memiliki tinggi tempat duduk 780 mm sementara Honda Forza 795 mm.

Perbedaan berlanjut ke dimensinya. Honda Forza 250 memiliki tubuh lebih kecil dengan dimensi (2.142 mm x 754 mm x 1.472 mm) jika dibandingkan dengan Yamaha XMax (2.185 x 775 x 1.465 mm). Jarak sumbu roda Yamaha XMax sebesar 1.540 mm lebih panjang dari Honda Forza 250 dengan sumbu roda 1.510 mm.

Menariknya meski memiliki dimensi lebih bongsor, bobot Yamaha XMax sebesar 179 kg justru lebih ringan Honda Forza seberat 182 kg. Kapasitas tangki bahan bakar Yamaha XMax 13 liter juga lebih besar dari kapasitas bensin Yamaha Forza 250 yang hanya 11,5 liter.

Kedua motor skuter matik premium ini sama-sama menggunakan kombinasi speedometer analog yang dikombinasikan dengan LCD berukuran besar dengan MID (Multi Information Display) yang sangat informatif untuk pengendara.

Performa

Di sektor dapur pacu, Yamaha XMax dan Honda Forza 250 sama-sama menggunakan tipe mesin 4 tak SOHC. Perbedaannya terletak pada ukuran bore x stroke yakni 70 x 64,9 mm untuk Xmax dan 68 x 68,5 untuk Honda Forza. Mesin Yamaha XMax lebih dikenal dengan sebutan overbore (ukuran bore lebih panjang dibandingkan dengan stroke). Kelebihan mesin semacam ini adalah tenaga puncak muncul saat putaran tengah dan tinggi. Pergerakan stroke yang lebih pendek membuat prosesi naik turun piston lebih cepat.

Sementara mesin Honda Forza 250 memiliki stroke lebih besar, dan disebut square. Mesin berkarakter square (ukuran stroke dan bore hanya terpaut tipis, atau bahkan sama), mengeluarkan torsi dan tenaga kuda dihasilkan merata pada putaran mesin rendah sampai menengah. Sangat cocok untuk kondisi jalan stop and go di perkotaan.

Dalam hal limpahan tenaga, Honda Forza 250 yang berkapasitas mesin 249,01 cc bertenaga maksimum 23,1 hp pada 7.500 rpm, sementara torsinya mencapai 24 Nm / 6.250 rpm. Yamaha XMax bertenaga puncak 22,5 hp pada 7.000 rpm, dengan torsi 24,3 Nm pada 5.500 rpm.

Fitur

Sebagai skutik premium, keduanya dilengkapi dengan fitur-fitur menarik. Kita mulai dari Honda Forza 250. Pendatang terbaru ini telah dilengkapi dengan Smart Key System, teknologi yang membuat kita tidak memerlukan kunci mekanis untuk menghidupkan mesin dan mengunci stang. Sistem ini telah terintegrasi dengan immobilizer, sistem keamanan Anti Theft Alarm & Answer Back System untuk mempermudah kita mencari posisi motor di parkiran. Yamaha XMax juga telah memiliki sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless), dengan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi motor.

Jika Honda Forza 250 memiliki visor depan dengan sistem elektris yang dapat disesuaikan ketinggiannya yang bertujuan untuk mengurangi terpaan angin, maka di Yamaha XMax menggunakan penyesuaian manual.

Kedua motor ini sudah dilengkapi dengan kontrol traksi. Di Yamaha XMax, fitur itu disebut TCS (Traction Control System). Prinsipnya sistem tersebut dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi. Di Honda, fitur ini disebut STC (Selectable Torque Control) yang menjaga putaran roda depan dan belakang tetap terkontrol hingga mencegah terjadinya ban selip. Kedua skutik ini juga sama-sama dilengkapi dengan pengisi daya, lampu DRL (, lampu LED, bagasi luas dan besar.

Kaki-kaki

Suspensi depan Yamaha XMax dengan desain sport dan ukuran tabung yang besar (33mm) memberikan kestabilan yang maksimal serta mendukung manuver ability yang lebih baik. Honda Forza juga menggunakan suspensi teleskopik 33 mm.

Ukuran ban Yamaha XMax dan Honda Forza juga sama yakni 120/70-15″ di depan, dan belakang 140/70-14″. Sebagai penghenti laju keduanya juga telah menggunakan cakram untuk depan dan belakang dan dilengkapi ABS (Anti-Lock Brake System).

Kesimpulan

Setelah membahas perbandingan spesifikasinya, maka kedua skutik premium tersebut tidak memiliki banyak perbedaan. Terutama dalam hal performa, dan kaki-kaki. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada fitur wind screen elektris dan desain. Selain itu, perbedaan utamanya ada pada harga jualnya. Yamaha XMax dijual di bawah Rp 60 juta, sementara Honda Forza 250 dijual Rp 70-an juta OTR Jakarta.

Yang mana piihan Anda?

REZA ERLANGGA

latest updates

250 Peserta Siap Ramaikan Indonesia CBR Raceday

JAKARTA, 8 Desember 2018 – Tak kurang dari 250 peserta siap meramaikan seri terakhir Indonesia CBR Raceday (ICE Day) 2018...

Utech Iridium Spark Uma Racing Laser Iridium

JAKARTA, 7 Desember 2018 -- Fitriansyah Kete, rider senior yang kini menjadi pembalap garda depan tim Astra Motor Racing Team...

Meriah dan Solid, Perayaan Sewindu YBBC

BEKASI, 6 Desember 2018 -- Komunitas pengguna Yamaha Byson khususnya di Kota Bekasi yang tergabung dalam Yamaha Byson Bekasi Club...

Massiv Batteries Luncurkan Massiv Amal Aki Khusus untuk Sepeda Motor

JAKARTA, 6 Desember 2018 -- Satu lagi nama baru meramaikan pasar aki sepeda motor Indonesia. PT Wacana Prima Sentosa (WPS),...

Kapan Busi Motor Sebaiknya Diganti?

JAKARTA, 5 Desember 2018 – Musim penghujan sudah datang. Anda pemilik motor tak ada salahnya memperhatikan soal kondisi motor yang...