Beranda UPDATES Kenapa Moge Tetap Irit BBM? Ini Alasannya

Kenapa Moge Tetap Irit BBM? Ini Alasannya

Pabrik perakitan Ducati (Foto: Ducati)

JAKARTA, 25 September 2015 — Satu pertanyaan yang kerap muncul saat memiliki motor besar adalah pasti konsumsi BBM boros. Sebenarnya motor besar tak begitu jauh berbeda dengan motor umum lainnya baik dari sisi penggunaan, perawatann, maupun hal lainnya.

Demikian juga dengan konsumsi BBM. Bahan bakar yang dikonsumsi motor dengan kapasitas mesin besar tak seboros seperti yang kita perkirakan. Hal ini dikarenakan teknologi dari sistem pembakaran yang dimiliki motor besar rata-rata sudah menggunakan sistem pembakaran DSFI (Dual Sequential Fuel Injection).

Motor besar hampir semua yang memiliki kapasitas mesin lebih dari dua isi silinder pasti menggunakan teknologi ini, kebanyakan keluaran tahun 2010 ke atas.

Sebagai contoh motor dengan kapasitas mesin 999,8cc atau dibulatkan menjadi 1000cc dengan 4 silinder, maka akan menggunakan 2 unit injektor di tiap silindernya, total ada 8 injektor yang terbenam.

Kenapa butuh segitu banyak? Tujuannya, biar tarikan dan tenaganya tetap maksimal pas putaran bawah ataupun atas. Apalagi jika menggendong mesin 1000cc, 4 silinder inline 16 katup dengan bobobt 200 kg kemungkinan dapat menghasilkan tenaga hingga 133 kw pada 12,250 rpm dan torsi maksimum 144 Nm pada 10,500 rpm.

So, tidak seboros yang dibayangkan bukan?

ANDHIKA KRESNA