Beranda EDITOR'S PICKS Jangan Remehkan Kondisi Ban Motor Anda

Jangan Remehkan Kondisi Ban Motor Anda

JAKARTA, 7 Oktober 2015 — Terkadang kita tidak menyadari jika ban ikut mempengaruhi pemakaian bahan bakar motor. Ukuran yang tidak pas dan tekanan angin yang tidak ideal membuat konsumsi BBM boros.

Demi terlihat seperti motor gede, ukuran ban standar diganti dengan yang lebih besar. Padahal makin besar ukuran ban, makan beban yang dibawa motor juga ikut besar. Hal ini tentunya akan berimbas pada penggunaan bahan bakar.

Selain itu, tekanan angin juga sangat berpengaruh. Jika ban kurang angin, maka ban akan lembek sehingga tidak “menggigit” aspal. Makin berat maka akan makin boros.

Faktor kenyamanan berkendara juga akan mengalami imbasnya. Tulang pinggul Anda bisa saja cedera ringan dikarenakan bantingan (Rebound) elastisitas karet ban terlalu keras atau kurang.

Nah, perhatikan buku pedoman (manual book) tentang pengisian dan tekanan ban motor anda. Contoh, Kawasaki Ninja 250FI atau Yamaha New Vixion Lightning, tekanan angin pada ban depan 28 psi atau 29 psi, sedangkan ban belakang 33 psi. Sementara motor skutik seperti Honda Vario 125 CBS ISS, ukuran tekanan anginnya bisa sama. Baik ban depan maupun belakang bisa dipompa hingga 33 psi.

ANDHIKA KRESNA