Beranda UPDATES Ini Mesin Baru Ducati Desmosedici Stradale V-four

Ini Mesin Baru Ducati Desmosedici Stradale V-four

ROMA, 15 September 2017 — Ducati akhirnya membuka selubung mesin barunya. Mesin Desmosedici Stradale empat silinder baru ini akan dipasang pada superbike Panigale baru. Mesin V-four 90 derajat ini dikembangkan dari mesin MotoGP Desmosedici, yang pertama kali dilansir pada tahun 2003.

Pabrikan asal Bologna itu melansir beberapa informasi terkait mesin barunya. Memiliki kapasitas 1.103 cc, dengan kompresi rasio 14: 1, dan memenuhi standar emisi Euro 4. Ducati mengklaim mesin ini memiliki tenaga 210 hp pada 13.000 rpm dan torsi 120 Nm dari 8.750 sampai 12.250 rpm.

Ducati juga menyiapapkan versi ‘R’ dari Desmosedici Stradale. Versi ini memiliki kapasitas mesin di bawah 1.000 cc sesuai peraturan World Superbike Championship (WSBK), dan dengan redline 13.000 rpm.

Apa kehebatan mesin ini? Ducati mengatakan dengan menggunakan “Twin Pulse” diring sequence, di mana silinder menyala pada suhu 90-200-90-340 derajat, V-four baru menggunakan poros engkol yang bisa memutar-balikkan efek gyroscopic dan memungkinkan perubahan arah yang lebih cepat.

Mesin ini menggunakan banyak teknologi dari mesin MotoGP Desmosedici. Versi Stradale ini juga hadir dengan katup, saluran intake dan throttle bodies, bersamaan dengan variable height intage horns.

Untuk melengkapi mesin ini, Ducati menggunakan gearbox enam kecepatan, dengan Ducati up-and down-quickshifting, kopling servo dengan pelat anti-basah. Interval perawatan pada Desmosedici Stradale ini diklaim 24.000 km.

Ducati juga melansir video berjudul Ducati Desmosedici Stradale – Ouvertire: the sound of a new era. Video berdurasi 0.48 detik itu menunjukan bagaimana tampilan mesin baru ini.

https://www.youtube.com/watch?v=vyvoauueZQc

RAJU FEBRIAN