Beranda UPDATES Ini 5 Motor Paling Menarik dari EICMA 2018

Ini 5 Motor Paling Menarik dari EICMA 2018

Husqvarna Svartpilen 701

MILAN, 8 November 2018 — Pameran Milan Motorcycle Show 2018 atau EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) yang dibuka dua hari lalu menyuguhkan motor-motor keren yang menarik perhatian.

motovaganza award

Terdapat lebih dari 25 world premiere yang menyita perhatian media massa dunia.

Nah, kami punya lima motor yang paling menarik dari pameran tersebut. Salah satu motor adalah Kawasaki W800 paling anyar yang ditunggu-tunggu kehadirannya.

Yamaha Ténéré 700 2020

Motor yang sudah lama ditunggu-tunggu ini punya tampang keren. Pabrikan Yamaha sudah mengeluarkan teaser-nya sejak lama dan baru keluar di EICMA 2018. Tak heran waktu dirilis bikin dunia ‘gregetan’. Tenere 700 atau disingkat “T7” adalah motor adventure dengan mesin parallel twin 698 CC dan diklaim sangat hemat bahan bakar.

Pabrikan juga mengklaim motor ini sangat ergonomis dan memiliki travel suspensi yang panjang. Bobotnya pun ringan dan handlingnya enteng sehingga cocok untuk main adventure atau pun turing jalan raya.

Yamaha Tenere 700 2020

Kawasaki W800 2019

Kawasaki W800 CAFÉ 2019 mengadopsi mesin parallel-twin injeksi langsung SOHC 4 katup untuk menggantikan W800 bermesin 773 CC yang sudah diskontinyu. Mesinnya dikombinasikan dengan transmisi 5 kecepatan dengan sebuah assist and slipper clutch. Untuk memperkuat tampang retronya, pipa knalpot horisontal di bawah dengan knalpot gaya peashooter.

Enginenya tertanam di double-frame yang baru di mana setiap pipa chassisnya diperkuat agar rigiditas motor bisa akurat. Suspensi depan teleskopik dengan karet 41 mm dan dual sokbreker belakang dengan per adjustable. Velg depan 18 inci dengan rotor 320 mm dan cakam rem 270 mm.

Kawasaki W800 2019

Husqvarna Svartpilen 701 2019

Wah kita mesti say thank you ke EICMA Show di Milan, Italia, karena pada akhirnya bisa melihat versi produksi motor scrambler atau ada yang juga bilang flat tracker Husqvarna Svartpilen 701. Mesinnya memakai mesin generasi terbaru KTM Duke 690 dengan chassis tubular steel. Konsep aerodinamika yang diadopsi motor baru ini mengambil dari Vitpilen.

Dibalut body minimalis dengan desain tangki bensin seperti Vitpilen 401. Joknya juga fungky, begitu juga rumah plat nopol di belakangnya. Untuk pengereman mengaplikasi Brembo dengan sistem ABS yang dikembangkan oleh Bosch. Sampai berita ini diturunkan belum ada spek lengkapnya.

Husqvarna Svatpilen

Royal Enfield KX Concept

Royal Enfield menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Biasanya menampilkan motor-motor retro berbau militer, sekarang motor yang disajikan tetap vintage namun dari sudut pengambilan yang berbeda. Model ini bergaya bobber, yang memang dulunya punya relasi sejarah kuat dengan RE, dan diberi nama KX Concept.

Royal Enfield sebetulnya pernah punya KX di tahun 30-an yang dikenal sebagai motor monster dengan mesin V-twin katup sidevalve 1.140 CC. Namun KX Concept di EICMA dilengkapi mesin V-twin 838 dengan tampang mirip dengan leluhurnya yang diluncurkan tahun 1938. Bahkan desain mesinnya pun identik dengan V-Twin 1.140 CC tapi dengan oil-cooled bukan air-cooled seperti yang terdapat pada motor

Royal_Enfield_KX_Concept

Kymco SuperNEX

Meskipun masih konsep, Kymco SuperNEX menjanjikan sesuatu yang menarik dari sepeda motor listrik. Bukan hanya tampangnya yang seksi dan enak dilihat, motor ini juga mengadopsi teknologi canggih. Kymco Chairman Allen Ko bahkan menyebut SuperNEX bukan sekadar motor listrik biasa. Motor ini ramah lingkungan, namun tidak mengorbankan performa serta  kesenangan berkendara. Artinya, SuperNEX adalah motor yang menyuguhkan performa fun-to-ride sekaligus ramah lingkungan.

Pada motor ini, Anda masih bisa mendengarkan suara mesin dan merasakan perpindahan gigi transmisi, dua hal itu jarang banget dimiliki kendaraan listrik modern.

EKA ZULKARNAIN