Beranda UPDATES India Tengah Kembangkan Motor Listrik Pertamanya Bernama Emflux Motors

India Tengah Kembangkan Motor Listrik Pertamanya Bernama Emflux Motors

NEW DELHI, 6 April 2017 – Demi efisiensi bahan bakar yang semakin menipis, pabrikan motor asal India Emflux Motors Pvt. Ltd dikabarkan tengah mengembangkan motor listrik bergenre sport miliknya. Motor bertenaga listrik ini, untuk pertama kalinya akan diperkenalkan di ajang Delhi Auto Expo 2018 mendatang.

Seperti yang dilansir situs www.rushlane.com, perusahaan yang berpusat di Banglore ini saat ini pihaknya masih dalam tahap pengembangan. Emflux Motors dipimpin oleh Varun Mittal, CEO dan co-founder dan Ankit Khatry, lulusan Indus Business Academy. Duo ini berhasil mengumpulkan dana melalui investor independen yang sebagian besar berasal dari IIT dan IIMS.

Dana yang terkumpul nantinya akan dipergunakan untuk pengebangan motor listrik yang mampu menempuh jarak hingga 200 km untuk sekali pengisian baterainya. Motor yang memiliki buritan seperti Ducati Panigale ini diklaim mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km hanya dalam 3,5 detik, dimana kecepatan tertingginya sanggup hingga 170 km/jam.

Nantinya motor berfairing penuh ini akan didukung dengan baterai lithium ion yang bisa diisi di bawah 36 menit untuk sekali pengisian daya. Hal ini tentu menjadikan Emflux lebih hemat biaya hingga 80% dari charger DC fast charger. Motor ini dirancang oleh Vinay Raj Somashekar, Chief Designer.

Tidak hanya itu, Emflux Motors juga mengembangkan motor controller, sistem manajemen baterai dan rangkaian charger lengkap dengan kit listrik serta chassis swingarm. Emflux sendiri berjanji akan mulai memasarkan motor sport ini pada akhir 2018 mendatang. Saat motor mulai dipasarkan, pihaknya juga sudah menyiapkan fasilitas pengisian di tempat umum di lokasi seluruh negeri.

Semenara, Torque Motors dan Ather Energi dikabarkan sebagai investor tetap mereka dalam proses produksinya mendatang. Kedua perusahaan ini terkenal dengan produk listrik mereka seperti, sepeda listrik T6X dan skuter listrik S340.

ANDHIKA KRESNA