Beranda UPDATES Honda Riding Assist-e e-bike, Motor yang bisa Berdiri Sendiri

Honda Riding Assist-e e-bike, Motor yang bisa Berdiri Sendiri

TOKYO, 12 Oktober 2017 – Pernahkah Anda mengalami jatuh dari sepeda motor dan kemudian kesulitan menegakkan kembali motor Anda? Mungkin karena bobot yang berat atau lokasi yang tidak memungkinkan. Nah, kini Honda memiliki jawabannya lewat Riding Assist-e electric motorcycle. Sepeda motor listrik ini bisa berdiri tegak sendiri tanpa bantuan pengendara.

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya. Apa gunanya motor yang punya kemampuan seperti ini? Bukankah keterampilan untuk tetap berkendara dengan tegak adalah latihan yang baik?

Namun, untuk segmen tertentu seperti orang tua, wanita, atau pengendara dengan cacat fisik, Assist-e ini membantu untuk mengatur motor, tanpa memerlukan kekuatan pengendara.

Fitur ini dimungkinan dengan mengoreksi giroskop (self-correcting gyroscope), yang diperlihatkan sebelumnya pada Honda Riding Assist, ketika tampil di Consumer Electronics Show, Las Vegas, Amerika Serikat pada 2016. Bedanya, Bike Assist-e e-bike baru ini adalah motor listrik yang terlihat dari baterai di bawah jok, dengan poros yang memberi dorongan ke roda belakang.

Bingkai dan tabung membungkus motor yang tampak seperti baterai di tempat mesin. Tidak diketahui teknologi apa disembunyikan di bawah “tangki bahan bakar” berwarna putih.

Di depan setang terdapat layar monitor LCD tunggal yang memberikan informasi tentang kecepatan dan suhu udara. Sementara “Mode 4” menunjukkan tingkat intervensi fitur Riding Assist.

Apakah motor ini dibutuhkan seorang rider? Dengan teknologi ini tentu akan sangat membantu pengendalian. Meski tetap saja yang diperlukan adalah sikap hati-hati di jalan.

https://www.youtube.com/watch?v=3qGX3rn3s0I

RAJU FEBRIAN