Beranda UPDATES Honda 250cc Siap Gunakan 2 Silinder?

Honda 250cc Siap Gunakan 2 Silinder?

JAKARTA, 28 September 2015 — Sejak kemunculannya di tanah air motor sport dengan mesin 250cc hanya menggunakan single silinder di ruang bakarnya. Namun Honda mungkin akan menjadi yang pertama mengeluarkan motor genre sport berkapasitas 250cc yang menggunakan dual silinder alias 2 silinder.

Majalah motor kenamaan Jepang, Young Machine Magazine, melansir jika Honda akan mengeluarkan motor CBR250RR yang menggunakan dual silinder.

Jika melihat cover majalah tersebut terlihat sosok Honda CBR250RR berwarna merah. Digosipkan, motor 250cc dua silinder ini akan diluncurkan Honda bulan Oktober mendatang. Peluncuran ini dilakukan di acara Tokyo Motor Show 2015.

Kembali ke masa kejayannya, pada 1986 sampai 1996, motor sport full fairing CBR250 dijual di beberapa pasar global dengan menggunakan mesin empat silinder. Mesin empat langkah itu mampu digeber hingga 19.000 rpm.

Awalnya, motor itu hanya dijual di Jepang. Namun kemudian juga berhasil sampai ke Australia dan pasar lainnya. Kali ini, Honda kemungkinan juga akan menargetkan pasar global untuk memasarkan CBR250RR.

Motor yang mengusung nama kode K64A diperkirakan akan menggunakan mesin V-Twin. Mesin itu kemungkinan mampu menyemburkan tenaga hingga lebih dari 37 bhp dengan torsi lebih dari 24 Nm yang disalurkan melalui transmisi enam percepatan.

Apakah juga akan masuk Indonesia? “Kita belum ada rencana program mengenai hal itu,” kata Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Coorporation PT Astra Honda Motor (AHM), pemegang merek Honda Indonesia kepada Motovaganza lewat pesan pendeknya.

Namun jika CBR250RR ini benar dilahirkan bulan depan, rasanya persaingan dengan Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 bakal semakin panas.

ANDHIKA KRESNA