Beranda UPDATES Gogoro Smartscooter, Skutik Pintar dari Taiwan

Gogoro Smartscooter, Skutik Pintar dari Taiwan

MILAN, 20 November 2015 — Jika roda empat punya mobil pintar keluaran Tesla, maka di roda dua juga ada skuter pintar. Dalam ajang pameran motor di Milan, Italia, EICMA 2015 ada skuter listrik pintar yang diberi Gogoro Smartscooter.

Gogoro, perusahaan transposrtasi dan energy asal Taiwan, mengklaim kalau skuter pintar miliknya ini memiliki kecanggihan dan kaya fitur yang sama dengan mobil Tesla. Skuter pintar ini sebelumnya sudah diperkenalkan sejak Januari 2015 lalu namun karena proses pengembangan dan riset akhirnya mereka baru memperkenalkan di EICMA 2015 kali ini.

Model ini sudah di uji coba dana dijual di Taiwan. Setidaknya sudah ada 2.000 orang yang memesan dan Gogoro sudah membangun 90 stasiun pengisiuan baterai.

Horace Luke, co-founder dan CEO Gogoro mengatakan motor listrik merupakan jawaban sumber energi untuk kendaraan masa depan. “Tantangan terbesar di zaman kita adalah menentukan bagaimana kita mengelola, mendistribusikan dan pengalaman energi dengan cara cerdas,” katanya.

Kenapa dikatakan pintar? Karena pengemudi motor ini dapat mengatur berapa tenaga yang bisa dikeluarkan mesin. Bagian-bagian motor juga dapat diawasi dan dikustomisasi lewat smartphone. Satu diantaranya ada di warna panel yang bisa dirubah sesuka hati. Puluhan sensor juga bikin pengemudinya dapat memonitor keadaan motor di setiap incinya.

Lewat smartphone, yang memakai basis Android atau iOS, pengemudi dapat memperoleh service dan posisi stasiun pengisian tenaga listrik paling dekat.

Gogoro menggendong dua baterai yang bisa menempuh jarak 97 km dalam satu kali isi lagi. Akselarasinya bisa meraih angka 50 km/jam dalam waktu 4 detik.

ANDHIKA KRESNA