Beranda UPDATES Gogoro Smartscooter, kembaran Viar Q1 dari Taiwan

Gogoro Smartscooter, kembaran Viar Q1 dari Taiwan

Jakarta 4 Juli 2017 – Kini kita memasuki era kendaraan listrik. Beberapa pabrikan besar mulai mengoptimalkan energi alternatif untuk diaplikasikan pada kendaraan. Misalnya Gogoro Smartscooter, produsen motor listrik dari Taiwan.

Gogoro smartscooter didirikan pada 2015 oleh Horace Luke dan Matt Taylor dan diperkenalkan di CES (Consumer Electronic Show) pada 2016. Embel-embel Smartscooter bukan tanpa alasan, Gogoro memiliki teknologi tinggi dengan penampilan yang futuristik. Seperti penggunaan lampu LED, fitur yang bisa menghubungkan motor dengan smartphone, tiga Riding Mode (Smart Mode/ Normal Mode/ Super Boost Mode), Smart Sensor (Multiple Grativity dan sensor jatuh),  chassis monokok aluminium, dan suspensi depan yang terinspirasi dari pesawat jet (single shock breaker di bawah komstir).

Di bagian belakang skuter listrik ini menggunakan suspensi berbahan aluminium multi-link dipadu dengan peredam kejut yang bisa disetel keempukannya. Bagasinya pun cukup luas untuk sebuat skuter listrik. Selain itu untuk penyuplai tenaga, Gogoro Smartscooter menggunakan mesin dinamo yang menggunakan pendingin cairan layaknya radiator. Mesin ini dipercaya akan memaksimalkan pendinginan dinamo penggerak. Mesinnya memiliki kekuatan 9,65 hp dengan torsi 27 hingga 202 Nm yang didapat pada putaran mesin 0 sampai 2.250 rpm dan sanggup melesat 0-50 km/jam hanya dalam 3,7 detik!

Untuk penyalur tenaga dari dinamo penggerak ke roda berdiameter 12 inch ini, Gogoro Smartscooter menggunakan belt berbahan serat karbon. Gogoro Smartscooter diklaim mampu ngacir hinggga 95 km/jam. Untuk menghentikan lajunya, sistem pengeremannya juga cukup mantap dengan menggunakan cakram depan caliper 4 piston dan belakang menggunakan satu piston.

Di Taiwan, skuter listrik ini sangat mudah untuk mengganti baterai jika kehabisan daya. Negara itu memiliki 377 stasiun penggantian baterai. Jadi saat baterai skuter sedang diisi ulang, Anda bisa menggunakan baterai lain yang tersedia di sana. Penggantiannya pun cukup mudah, tinggal mencabut baterai berbentuk kotak di bawah bagasi. Tak perlu cabut kabel atau melepas baut karena Gogoro Smartscooter ini tak menggunakan kabel untuk penghantar baterai ke mesinnya.

Menariknya, Gogoro Smartscooter ini memiliki 129.600 varian warna panel instrumen dashboard yang dapat berubah sesuai keinginan. Selain itu, cover bodi depannya juga dapat diganti.

Benar benar smart!

Syaiful Achmad