Beranda UPDATES Ditunggu Jokowi, GESITS Dipastikan Diproduksi Tahun Ini

Ditunggu Jokowi, GESITS Dipastikan Diproduksi Tahun Ini

JAKARTA, 7 AGUSTUS 2018 — Persiapan motor skutik listrik produksi anak negeri, GESITS, terus mendekati versi produksi. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan Presiden RI Joko Widodo sudah menunggu peluncuran GESITS.

“Presiden ingin mencoba langsung GESITS sebelum motor ini dipakai masyarakat,” kata Mohamad Nasir saat mengunjungi pabrik perakitan GESITS di kawasan industri PT. Wijaya Karya (WIKA) Industri & Konstruksi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/8).

“Presiden minta disiapkan 50 unit pertama untuk digunakan di lingkungan Istana Negara. Wah, saya pikir ini akan membebankan anggaran perusahaan. Ya, setidaknya bisa disiapkan 15 unit,” lanjut Nasir diiringi tawa.

Peninjauan Menristekdikti ke kawasan industri PT. WIKA dilakukan untuk melihat langsung perkembangan produksi GESITS. Pada kesempatan tersebut Menristekdikti mengapresiasi segala upaya yang telah dicapai tim GESITS dalam merealisasikan pengembangan hasil inovasi dari perguruan tinggi tersebut.

Nasir menyebut motor listrik yang menggunakan baterai lithium itu akan diproduksi mulai tahun ini merupakan sepeda motor atau kendaraan pertama buatan Indonesia yang berhasil diproduksi dan dipasarkan. Ini menandakan bahwa Indonesia telah mengalami lompatan pertama dalam teknologi yang berwawasan masa depan.

Direktur Utama PT. WIKA Tumiyana menyampaikan tentang kesiapan PT. WIKA dalam produksi GESITS yang akan dilakukan pada tahun ini. Dikatakan, dalam tahap awal pabrik perakitan akan mampu memproduksi 50.000 unit GESITS per tahun. Kapasitas kemudian akan ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai 100 ribu unit per tahun.

Sementara CEO PT. GTI Harun Sjech mengatakan model produksi dari GESITS akan kita luncurkan pada September 2018. Sedangkan target produksi massal diharapkan akan dimulai pada November tahun ini.

Harun mengatakan pihaknya optimistis bisa memenuhi target pemerintah agar GESITS bisa menjadi 100 persen produk dalam negeri pada tahun 2020. Saat ini ini 89 persen komponen GESITS sudah mampu dibuat di dalam negeri.

RAJU FEBRIAN