Beranda UPDATES BMW Segera Luncurkan Kembali Motor Berkapasitas 300 cc

BMW Segera Luncurkan Kembali Motor Berkapasitas 300 cc

Berkapasitas 300 cc dan dibalut serat karbon.

TOKYO, 15 September 2018 –Kehadiran BMW 310 R full fairing tinggal menunggu waktu. Fakta ini terungkap di ajang BMW Motorrad Days di Jepang, ketika manufaktur otomotif asal Jerman ini menampilkan motor sport yang disebut dengan G310 RR. Motor tersebut menggunakan desain serupa S1000RR, termasuk bagian depan motor yang tajam, fairing dengan lubang-lubang udara menyerupai insang ikan hiu, dan bagian buritan lancip.

Hal lain yang membuatnya istimewa adalah seluruh tubuh motor konsep ini dibalut dengan serat karbon, termasuk tangki bahan bakar. Ini sejalan dengan hasrat BMW menjadikan serat karbon sebagai bagian intergral di seluruh motor produksinya.

Meski begitu, rasanya opsi serat karbon tidak akan diterapkan pada motor berkapasitas kecil BMW. Mengapa? Tentu saja hitung-hitungan bisnisnya tidak sesuai. Serat karbon yang mahal hanya akan mempertinggi harga jual motor. Sehingga tidak ekonomis.

Perbedaan lainnya terletak pada aplikasi knalpot. Jika knalpot G 310 R dan TVS Apache RR 310 terletak di samping motor, maka pada knalpot G 310 RR justru berada di bawah jok. Posisi berkendara di motor ini sangat rebah, atau condong ke depan.

Terlihat pula pemakaian setang model clip on, yang dibarengi pemasangan foot peg bergaya racy. Semua ini bisa saja berubah ketika motor ini masuk dalam proses produksi. Selain kedua faktor itu, suspensi, peranti pengereman, dan velg diambil dari G 310 R.

Kabar baiknya, kemungkinan besar versi produksi G 310 RR akan dipajang di INTERMOT atau EICMA akhir tahun ini. Jika hal tersebut terealisasi, maka kemungkinan besar BMW G 310 RR akan melakoni debutnya pada akhir 2019 dan akan bersaing dengan KTM RC 390, Kawasaki Ninja 300, TVS Apache hingga Yamaha R3.

REZA ERLANGGA

Comments