Beranda UPDATES Aji dan Afridza Naik Podium di ATC 2018

Aji dan Afridza Naik Podium di ATC 2018

BURIRAM, 25 Maret 2018 – Dua pembalap Astra Honda, Mario Sauyo Aji dan Afridza Munandar, sukses naik podium pada balapan Asia Talent Cup (ATC) 2018 seri Buriram, Thailand. Aji menempati posisi kedua pada balapan pertama, Sabtu (24/3), dan Afridza meraih podium ketiga pada balapan kedua, Minggu (25/3), di Chang International Circuit, Buriram Thailand.

motovaganza award

Pada Race 1, Sabtu, pertarungan ketat sempat terjadi antara Mario Suryo Aji dan pembalap Jepang Haruki Noguchi. Balapan yang berlangsung di sirkuit sepanjang 4.554 km itu menyajikan saling susul hingga lap terakhir. Mario Suryo Aji akhirnya berhasil berada di podium kedua dengan raihan waktu 1 menit 47.532 detik. Prestasi serupa pun sebelumnya telah dicetak pebalap muda ini di seri Qatar.

Posisi pertama diraih Haruki Noguchi (Jepang) dan posisi ketiga ditempati Bill Van Eerde (Selandia Baru). Pembalap Indonesia lainnya, Afridza Munandar berhasil finish di posisi lima, diikuti M. Adenanta Putra (7), dan Lucky Hendriansya (13). Rada race pertama ini hanya Agung Fachrul yang gagal. Ia tidak bisa menuntaskan balapan setelah crash di lap ke 12.

Pada balapan kedua (25/3), giliran Afridza dan Adenanta yang bertarung di depan. Keduanya memulai balapan dari posisi 9 dan 11 dan beberapa kali mampu berada di posisi tiga besar. Sayangnya, saat memasuki tikungan terakhir sebelum memasuki garis finish, Adenanta kurang beruntung karena dirinya terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan. Afridza terus berusaha menempel pebalap lainnya dan berhasil finish di posisi ketiga.

Posisi pertama kembali diraih Haruki Noguchi dengan waktu 28 menit 59.688 detik. Bill Van Eerde di posisi kedua dan Afridza di posisi ketiga, tertinggal 0.160 detik daru Noguchi. Sementara Agung Fachrul berhasil finish di posisi ke enam dan Lucky Hendriansya finish di posisi ke-12.

“Hasil yang cukup memuaskan bagi saya. Pada race 2 ini saya mampu untuk meraih podium pertama saya di luar Indonesia. Hasil ini akan menjadi pemicu semangat saya untuk lebih mempersiapkan diri menuju seri selanjutnya di Malaysia,” ujar Afridza.

Pebalap peraih podium pada balapan pertama, Mario Suryo Aji terpaksa tidak dapat melanjutkan perjuangannya di balapan kedua. Motor Mario mengalami kendala saat warm up lap, sehingga Mario harus masuk ke pit untuk dilakukan pengecekan pada motornya. Begitu lampu start menyala, Mario memulai jalannya balapan dari pit namun motornya masih mengalami masalah teknis dan Mario pun tidak dapat menyelesaikan balapan.

Hasil di seri pertama ini mengantar Mario mengkoleksi 53 poin dan berada di peringkat tiga besar klasemen sementara ATC 2018. Lalu Afridza, Agung, dan Adenanta masing-masing berada di posisi 4, 9, dan 10 besar.

Seri ATC berikutnya akan diselenggarakan di Sepang International Circuit, Malaysia pada bulan Juli mendatang.

RAJU FEBRIAN