Beranda UPDATES Unik, Honda Bikin Standar Samping yang Bisa Disetel

Unik, Honda Bikin Standar Samping yang Bisa Disetel

TOKYO, Motovaganza.com – Berbagai teknologi terus dikembangkan Honda. Bahkan untuk hal yang jarang diperhatikan orang. Misalnya, standar motor. Pabrikan asal Jepang itu mematenkan inovasi standar samping yang unik namun fungsional.

Standar samping pada motor mungkin fitur yang jarang bahkan tidak pernah mendapat perhatian. Bentuknya tak pernah berubah padahal usianya sudah tua dan memiliki sejarah panjang. Berdasarkan sejarahnya standar samping digunakan untuk sepeda. Idenya muncul pada 1860 dari Alfred Berruyer. Bentuknya hanya besi batangan lurus. Bentuk standar yang ada saat ini diperkenalkan dan dipatenkan Eldon C Henderson pada 1926.

Intinya standar samping ini berfungsi menjaga agar motor berdiri tegak. Bentuknya sederhana, sebuah besi panjang di bagian bawah motor. Pipa besi ini diberi per agar bisa kembali ke posisi semua.

Baru-baru ini Honda membuat inovasi pada standar samping. Seperti dilansir Bennets UK, Honda merancang ulang komponen ini dan siap dipatenkan. Dari gambar yang tersiar, menunjukkan kalau standar sampingnya itu menggunakan tabung. Komponennya terdiri dari tiga buah tabung yang di dalamnya sudah dilengkapi pegas.

Baca juga: Benelli Berencana Lahirkan Motor Tourer Baru

Inovasi Baru

Per standar rancangan Honda ini berada di bagian luar. Inilah yang berbeda. Per ini punya fungsi lebih agar pada setiap setelan, standar tidak turun. Jadi dengan per ini, tabung besi bisa memanjang dan memendek. Seperti juga standar konvensional, ada jalu di bagian bawah untuk kemudahan jangkauan kaki.

Tetapi dia punya cara kerja berbeda karena pengoperasiannya bukan diayun, melainkan didorong ke bawah. Setelah disesuaikan dengan kebutuhan, pengendara mesti memutar jalu ke belakang supaya terkunci. Sementara untuk membukanya, tinggal tekan lagi ke bawah.

Honda menyebut komponen ini punya beberapa keunggulan. Praktis dan dapat menghemat ruang. Standar macam ini juga bisa menguntungkan, ketika motor di parkir di tempat kurang rata, karena ketinggiannya disesuaikan.

Pertanyaan tetap saja muncul? Apa keunggulan ide baru ini dibanding standar flip-out yang biasa kita gunakan. Mereka menyebut pengaplikasiannya justru mengurangi estetika tampilan. Belum lagi soal keamanan yang belum teruji. Apakah dengan menggunakan model teleskopik mampu menahan beban dengan baik?

Beberapa pabrikan memang memberikan perhatian pada standar motor. Paten dari Honda ini berbanding terbalik dengan rancangan BMW Motorrad. Perusahan otomotif asal Jerman justru mengembangkan standar samping yang bisa mengisi daya ulang baterai. Teknologinya mirip-mirip yang ada di fitur smartphone. BMW menciptakan pad atau bantalan pengisian nirkabel. Jika standar samping mendarat di bantalan itu, secara otomatis dapat mengisi daya baterai. Keren.

Baca juga: Skutik Listrik TVS iQube, Lebih Canggih dari Honda Scoopy
Baca juga: Honda Patenkan Standar Samping Motor Unik, Begini Kerjanya

Sumber: Bennets Uk

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto