Beranda EDITOR'S PICKS Triumph Family Jakarta Jelajahi Dieng dan Jawa Tengah

Triumph Family Jakarta Jelajahi Dieng dan Jawa Tengah

JAKARTA, 18 Februari 2019 — Akhir pekan lalu menjadi waktu yang sangat menyenangkan bagi 13 pengendara sepeda motor Triumph yang tergabung dalam komunitas Triumph Family Jakarta. Mayoritas pengendara yang menggunakan motor adventure Triumph Tiger itu melakukan kegiatan touring sejauh hampir 1.000 kilometer dari Jatinangor, Jawa Barat, untuk menghadiri acara ulang tahun klub Harley-Davidson Road Glide Owner’s Group (RGOG) yang digelar di alun-alun kota Wonosobo, Jawa Tengah, pada 14-17 Februari 2019.

Perjalanan dimulai usai sholat subuh di hari Jumat 15 Februari 2019, dengan menempuh rute klasik Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Ajibarang, Baturraden, Purbalingga dan bermalam di Wonosobo. Rombongan sempat berhenti untuk makan siang sekaligus melaksanakan ibadah sholat Jumat di kawasan Ajibarang, sebelum melanjutkan perjalanan ke Baturraden.

Nah, di hari pertama ini, setelah bosan melahap aspal, para pengendara Triumph Tiger berkesempatan menikmati trek off-road yang membelah kawasan Taman Hutan Baturraden. Saat off-road para pengendara Triumph Tiger berkesempatan mencoba mode berkendara yang dimiliki termasuk Off-road Pro. Rombongan tiba menjelang senja di Wonosobo, di tengah guyuran hujan deras.

Usai sholat subuh di hari kedua, rombongan yang dipimpin Amry Siregar selaku punggawa PT Garda Andalan Selaras (GAS), APM Triumph di Indonesia, bergerak menuju kawasan pegunungan Dieng. Kami sempat menikmati kopi panas dan sarapan ringan di kawasan pegunungan yang subur dan sejuk itu, sambil mengabadikan semburat matahari pagi yang tersaput kabut. Di sini, kita seakan-akan berada di atas awan, karena kabut dan awan tipis tak henti bergerak melalui lembah-lembah pertanian dibawahnya.

Usai makan siang, rombongan kembali ke alun-alun untuk bergabung bersama ratusan pengendara lain yang datang dari seluruh Jawa untuk memeriahkan acara ulang tahun H-D RGOG. Di sini, PT GAS membuka sebuah booth untuk memperkenalkan produk-produk terbarunya, terutama Triumph Bonneville Scrambler 1200.

Beberapa pengunjung dan pecinta motor besar tampak antusias untuk mencoba mengendarai motor jangkung yang sangat maskulin itu. Menjelang sore, di tengah guyuran hujan lebat, para anggota Triumph Family akhirnya pamit melanjutkan perjalanan untuk menginap di Purwokerto.

Minggu pagi, usai sarapan, para riders termasuk MC kondang Edwin Bedjo yang mengendarai triumph Bonnevile T100 akhirnya  melanjutkan perjalanan pulang ke Jatinangor. Alhamdulillah, meski melalui kemacetan di kawasan Nagrek, Garut, seluruh riders tiba dengan selamat di kawasan Jatinangor, Sumedang, sebelum kembali ke Jakarta.

MUNAWAR CHALIL